Tertarik cicilan tetap kartu kredit, simak saran pakar keuangan ini

Sabtu, 09 November 2019 | 07:16 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
Tertarik cicilan tetap kartu kredit, simak saran pakar keuangan ini

ILUSTRASI. Ilustrasi, Kartu kredit memberikan fasilitas cicilan tetap dengan bunga 0%.


UTANG - JAKARTA. Anda gemar menggunakan layanan cicilan tetap kartu kredit? Sebaiknya Anda cek kembali kondisi keuangan sebelum buat cicilan baru.

Belakangan e-commarce getol memberikan promo belanja, salah satunya adalah cicilan 0%. Siapa sih yang tidak tergiur dengan tawaran cicilan 0% tersebut.

Baca Juga: Gaji pas-pasan, ini cara berhemat biaya transportasi

Memang, cicilan tetap dengan bunga 0% dapat menghindarkan Anda dari tingginya bunga kartu kredit (tanpa cicilan). Selain itu, Anda pun jadi tidak perlu melunasinya sekaligus.

Namun, Anda sebaiknya tidak lantas belanja ini dan itu. Khawatirnya, total tagihan kartu kredit yang datang saban bulannya mencekik keuangan Anda.

Mike Rini Sutikno, Financial Planner Mitra Rencana Edukasi mengingatkan Anda sebaiknya cek kembali jumlah penghasilan sebelum membuat cicilan utang.

Bila, jumlah pendapatan Anda tidak bisa untuk membayar cicilan tersebut sebaiknya hindari untuk berutang. Agar, Anda tidak dibuat pusing karena utang cicilan kartu kredit.

Asal tahu saja, bila Anda gagal bayar tagihan kartu kredit, depkolektor akan datang menghantui.  

Widya Yuliarti, Financial Planner Finansialku.com menyarankan sebaiknya Anda melunasi cicilan tersebut sebelum mulai berbelanja kembali .

Baca Juga: Yakin, nih, Ovo, Gopay, Linkaja, dan lainnya bikin Anda hemat?

Agar, Anda tidak merasa berat saat membayar tagihan kartu kredit saban bulannya. Selain itu, Anda masih mempunyai dana untuk memenuhi kebutuhan hidup lainnya.

Para financial Planner mengatakan batas maksimal utang adalah 30% dari total pendapatan. Bila, jumlah utang Anda sudah melebihi ukuran tersebut, sebaiknya stop untuk berbelanja dengan berutang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati

Terbaru