HOME

Sebelum kalap belanja dengan cicilan tetap kartu kredit, simak dulu tips berikut ini

Selasa, 07 Juli 2020 | 17:46 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
Sebelum kalap belanja dengan cicilan tetap kartu kredit, simak dulu tips berikut ini

ILUSTRASI. Ilustrasi. Kartu kredit

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Anda kerab belanja ini dan itu dengan cicilan kartu kredit? Jangan buru-buru, cek kembali kondisi keuangan Anda agar tak sampai terjerat utang kartu kredit. 

Belakangan e-commarce getol memberikan promo belanja, salah satunya adalah cicilan 0%. Siapa sih yang tidak tergiur dengan tawaran cicilan 0% tersebut.

Memang, cicilan tetap dengan bunga 0% bisa menghindarkan Anda dari tingginya bunga kartu kredit (tanpa cicilan). Selain itu, Anda pun jadi tidak perlu melunasinya sekaligus.

Baca Juga: Ingin Pinjam uang tanpa jaminan? Ajukan pinjaman online lewat LinkAja praktis

Eits! Anda jangan lantas belanja ini dan itu. Khawatirnya, total tagihan kartu kredit yang datang saban bulannya akan mencekik keuangan Anda.

Mike Rini Sutikno, Financial Planner Mitra Rencana Edukasi mengingatkan Anda sebaiknya cek kembali jumlah penghasilan sebelum membuat cicilan utang.

Bila, jumlah pendapatan Anda tidak bisa untuk membayar cicilan tersebut sebaiknya hindari untuk berutang. Agar, Anda tidak dibuat pusing karena utang cicilan kartu kredit.

Asal tahu saja, bila Anda gagal bayar tagihan kartu kredit, depkolektor akan datang menghantui.  

Widya Yuliarti, Financial Planner Finansialku.com menyarankan sebaiknya Anda melunasi cicilan tersebut sebelum mulai berbelanja kembali .

Agar, Anda tidak merasa berat saat membayar tagihan kartu kredit saban bulannya. Selain itu, Anda masih mempunyai dana untuk memenuhi kebutuhan hidup lainnya.

Para financial Planner mengatakan batas maksimal utang adalah 30% dari total pendapatan. Bila, jumlah utang Anda sudah melebihi ukuran tersebut, sebaiknya stop untuk berbelanja dengan berutang. 

Baca Juga: Utang pinjaman online makin menggunung? Bayar lunas utang Anda dengan cara ini

Editor: Tri Sulistiowati


Terbaru