Anggaran

Renovasi rumah jangan sampai utang, ini kiat yang bisa ditempuh

Minggu, 04 Agustus 2019 | 07:01 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
 Renovasi rumah jangan sampai utang, ini kiat yang bisa ditempuh

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemilik properti wajib menyiapkan dana renovasi agar tidak sampai berutang bila ingin memperbaiki rumah.

Setiap hunian butuh renovasi satu sampai lima tahun sekali agar tetap nyaman untuk dihuni. Otomatis pemilik rumah harus menyiapkan dana untuk melakukan peremajaan atau pembangunan ruangan baru.

Widya Yuliarti, Financial Planner Finansialku.com mengatakan, sebaiknya pemilik rumah tidak menggunakan dana pinjaman untuk renovasi rumah. Mereka tidak perlu mempunyai tanggungan pengembalian utang dikemudian hari.

Baca Juga: Outfit miliaran selebritis negeri ini, berapa penghasilan mereka?

Budi Rudianto, Financial Planner OneShildt juga mengatakan, renovasi rumah termasuk pengeluaran rutin. Maka pemilik rumah harus menyediakan anggaran khusus.Sehingga, dana renovasi tidak sampai mengganggu cashflow sang pemilik properti.

Setiap orang dapat mengumpulkan dana renovasi lewat menabung. Namun, menabung saja tidak cukup setiap pemilik hunian harus memasang target renovasi rumah.

Pemilik rumah juga harus memasang strategi untuk mengumpulkan dana renovasi. Sehingga, uang tersebut cukup untuk membayar seluruh pengeluaran selama proses revonasi.

Baca Juga: Berolahraga saat akhir pekan lebih baik daripada tidak sama sekali

Halaman selanjutnya: Rincian kiat yang bisa ditempuh...

Editor: Tri

Dukungan dari Anda akan menambah semangat kami dalam menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat seperti ini.

Jika berkenan, silakan manfaatkan fasilitas donasi berikut ini.

gopay


Terbaru