Pentingnya Ilmu Perencanaan Keuangan bagi Keluarga Anda

Senin, 02 September 2024 | 03:10 WIB   Reporter: Sri Sayekti
Pentingnya Ilmu Perencanaan Keuangan bagi Keluarga Anda

ILUSTRASI. Perencanaan keuangan


PERENCANA KEUANGAN - Anda yang sudah menjalani kehidupan berumah tangga tentu paham bahwa setiap bulan harus mampu mengatur keuangan dengan tepat agar pengeluaran bulan berjalan seimbang dengan pemasukan yang diperoleh setiap bulan. Itu artinya keuangan rumah tangga dalam kondisi stabil antara pemasukan dan pengeluaran.

Namun sayangnya tidak setiap rumah tangga memiliki kondisi ideal tersebut. Hal ini disebabkan ketidakseimbangan antara pengeluaran dan pemasukan. Kebanyakan yang terjadi adalah pengeluaran melebihi pemasukan yang diperoleh, entah karena ada hal urgen yang harus dibeli atau dibayar atau bisa pula karena tergoda program diskon di aneka platform belanja.

Menurut Aidil Akbar, Perencana Keuangan & Chief Business Officer Zipay sebenarnya inti dari permasalahan keuangan yang kerapkali terjadi bukan terletak pada besar kecil penghasilan, tapi bagaimana Anda mengatur keuangan dengan tepat. “Jika Anda sudah bisa mengelola dan mengatur keuangan keluarga Anda dengan tepat, niscaya Anda sudah berada di jalan yang benar.”ujar Aidil.

Nah, bekal untuk Anda bisa mengatur keuangan keluarga adalah dengan memahami ilmu perencanaan keuangan. Apa sih perencanaan keuangan itu? Perencana keuangan adalah suatu proses untuk mencapai tujuan hidup seseorang melalui pengelolaan keuangan secara terencana.

Anda dalam menjalani hidup sehari-hari tentunya memiliki beberapa tujuan yang ingin dicapai, sesuai dengan fase kehidupan yang tengah Anda jalani. Nah, tujuan hidup ini berkaitan erat dengan seberapa dana yang harus Anda miliki untuk mencapainya. Apakah Anda ingin menjalani hidup ini tanpa perencanaan dengan dalih peribahasa seperti air mengalir?

Tahapan kehidupan bagi saat ini masih status single, akan menikah berapa tahun lagi dan pernikahan seperti apa dan apa yang perlu dipersiapkan menuju pernikahan impian. Bagi pasangan yang baru menikah ingin memiliki rumah atau apartemen untuk tempat tinggal, berapa uang muka dan aneka biaya yang diperlukan jika hendak membeli secara kredit.

Anda yang sudah menjalani rumah tangga dan anak-anak yang sedang sekolah dan kuliah, tentu memerlukan biaya pendidikan anak sesuai usia anak. Sedang bagi Anda yang sudah mampu mengantarkan anak mandiri, saatnya Anda juga perlu mengatur keuangan dengan dana pensiun yang Anda miliki. Betapa ritme kehidupan akan terus bergulir seiring waktu, maka bekali diri Anda dengan ilmu perencana keuangan agar Anda dapat menapaki tiap etape kehidupan dengan aman dan nyaman, karena Anda sudah menyiapkan dana jauh-jauh hari.

Namun sebelum Anda sampai di tahap sudah bisa mengatur dan mengelola keuangan dengan tepat, Anda tentu telah melewati banyak hal dan banyak pertanyaan yang sering kali muncul adalah produk keuangan apa yang bagus? Investasi apa yang bagus saat ini? Pertanyaan seperti akan sering muncul.

Produk keuangan di Indonesia sangat banyak, termasuk produk investasi juga banyak, seperti obligasi, reksadana, saham dan sebagainya. Hal yang patut Anda perhatikan adalah setiap orang memiliki karakter masing-masing dengan profil risiko yang berbeda-beda. Karena itu, produk A bagus, tapi belum tentu cocok bagi Anda.

Nah, di sinilah pentingnya perencanaan keuangan. Jika Anda sudah memahami perencanaan keuangan, berarti Anda sudah memahami profil risiko Anda sendiri, memiliki jangka waktu yang jelas, hingga tujuan keuangan yang jelas. Dari sikon ini Anda bisa memilih produk keuangan cocok dan tepat bagi Anda dan keluarga.

Baca Juga: Incar Generasi Z, Bank Muamalat Beri Edukasi Perencanaan Keuangan Syariah

Manfaat Perencanaan Keuangan
Manfaat perencanaan keuangan bisa dirasakan dengan adanya arah dan arti keputusan finansial seseorang. Jika Anda telah mengelola keuangan, maka Anda akan bisa mengerti bagaimana setiap Keputusan keuangan yang dibuat akan berdampak ke area lain dari keseluruhan situasi keuangan Anda.

Anda akan melihat setiap keputusan finansial sebagai bagian dari suatu keseluruhan, maka Anda akan dapat mempertimbangkan efek jangka pendek dan jangka panjang atas tujuan-tujuan hidup Anda. Nantinya Anda dapat lebih mudah beradaptasi atas perubahan hidup dan merasa lebih aman karena tujuan-tujuan Anda berada di jalur yang tepat.

Perencana keuangan dapat dijadikan sebagai alat untuk bisa memenuhi kebutuhan-kebutuhan keuangan di masa kini dan masa depan. Anda nanti pada akhirnya bisa berharap tujuan akhir perencanaan keuangan yaitu kebebasan finansial (financial freedom) yang dapat diartikan, bebas hari utang, tersedia arus penghasilan dari investasi yang telah Anda lakukan serta Anda terproteksi secara finansial dari risiko apa pun yang mungkin terjadi.

Perencanaan keuangan merupakan suatu proses yang berkesinambungan dan bersifat dinamis. Pada suatu saat perencanaan keuangan memerlukan penyesuaian sesuai dengan kondisi yang tengah Anda alami.

Masalah-masalah keuangan yang juga kerap dialami pada pekerja adalah gaji yang hanya numpang lewat, karena ada banyak hal yang harus dibayar. Sampai muncul istilah gaji 10 koma, alias gajian tanggal 1, tanggal 10 sudah koma, karena saldo sudah habis. Ditambah lagi dengan masalah utang konsumtif, seperti kartu kredit, Kredit Tanpa Agunan (KTA) hingga pay later.

Baca Juga: Sudah Sehatkah Keuangan Anda? Yuk Lakukan Evaluasi Kesehatan Keuangan!

Ilmu perencanaan keuangan diharapkan dapat meminimalisir masalah keuangan di atas dan menuju keuangan yang lebih baik. Anda akan mampu memilah segala penawaran produk keuangan seperti asuransi, investasi. Anda juga bisa mencegah diri Anda terpersosok ke dalam investasi bodong yang kerap memakan korban.

Meski ilmu perencanaan keuangan ini sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, tetapi ilmu ini tidak diajarkan di sekolah maupun kuliah. Jika Anda ingin menguasai ilmu perencana keuangan, maka Anda bisa mengikuti pendidikan yang biasanya diselenggarakan oleh asosiasi perencanaan keuangan. Namun jika Anda ingin menerapkan perencanaan keuangan, tetapi tidak ingin mempelajari sendiri, maka solusinya adalah Anda menggunakan jasa perencana keuangan professional. Tentunya Anda akan dikenai biaya untuk pembuatan perencanaan keuangan lengkap bagi Anda dan keluarga.

Baca Juga: Simak Tujuh Langkah Menuju Financial Freedom

Selanjutnya: Warren Buffett Jual Saham Apple, Tapi Miliarder Ini Justru Beli dengan Harga Tinggi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

Terbaru