HOME

Musim bagi dividen, dua tanggal keramat ini mesti diingat dan dicatat

Selasa, 25 Februari 2020 | 23:17 WIB   Reporter: Hasbi Maulana, Kenia Intan
Musim bagi dividen, dua tanggal keramat ini mesti diingat dan dicatat

ILUSTRASI.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pekan ini ada tiga emiten perbankan yang mencatatkan cumulative dividen (cum dividen). Tiga emiten perbankan itu adalah PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI), PT Bank Mandiri Tbk (BMRI), dan PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI).

Berdasarkan data yang dihimpun Kontan.co.id, BBRI menetapkan tanggal cum dividen pada 26 Februari 2020. Sementara tanggal cum dividen BMRI dan BBNI jatuh pada 27 Februari 2020 dan 28 Februari 2020.

Apa, sih, pentingnya mengingat atau mencatat tanggal-tanggal tersebut?

Baca Juga: Valuasi murah, saham BBRI bisa dilirik

Tanggal cum dividen adalah tanggal terakhir ketika para pemilik dan pembeli saham berhak untuk dicatat sebagai calon menerima dividen yang hendak dibayarkan.

Jadi, kalau Anda berencana menadah dividen dari tiga bank milik negara di atas, maka pastikan pada tanggal-tanggal cum dividen yang sudah disebutkan di atas Anda harus tercatat sebagai pemilik atau membeli saham-saham tersebut.

Kalau pada tanggal tersebut tidak memiliki atau malah menjual saham yang akan membagi dividen, maka Anda tak akan tercatat sebagai pihak yang akan menerima dividen.

Taruh kata Anda sudah mengempit saham BBRi sampai setahun lamanya, sayang bukan kalau tak akan menerima transferan dividen cuma karena lupa kapan tanggal cum?          

Selain tanggal cum, ada tanggal lain yang tak kalah keramat: tanggal expired dividen (ex dividend date).

Editor: Hasbi Maulana


Terbaru