HOME

Milenial, inilah 6 tips cerdas membeli rumah lewat KPR

Sabtu, 28 November 2020 | 11:05 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Milenial, inilah 6 tips cerdas membeli rumah lewat KPR

KONTAN.CO.ID - Keberadaan tempat tinggal atau hunian sejatinya merupakan salah satu kebutuhan pokok yang harus tercukupi. Namun, mahalnya harga dasar dan kenaikan harga rumah per tahun menyulitkan beberapa kalangan masyarakat terutama milenial untuk membeli properti.

Dalam keterangan resminya, riset Lifepal.co.id terhadap data yang dipublikasikan Badan Pusat Statistik (BPS) dan Bank Indonesia (BI) menunjukkan bahwa, tidak menutup kemungkinan di masa yang akan datang, jumlah penduduk yang tak memiliki rumah akan bertambah banyak.

Pasalnya, harga rumah terus mengalami kenaikan bahkan di era pandemi corona. Selain itu, patut diketahui bahwa harga dasar sebuah rumah bisa mencapai 100 atau bahkan 1.000 kali lipat dari gaji bulanan seorang pegawai. 

Untuk itu simak tips cerdas membeli rumah dari Lifepal berikut ini.

Baca Juga: Lelang rumah murah sitaan bank di Depok hanya Rp 400-an juta, ada dua pilihan

Tips membeli rumah lewat KPR 

1. Pahami lebih dahulu, apakah Anda layak “mencicil rumah?”

Bank atau lembaga pemberi kredit bisa saja memberikan penilaian skor bagus pada Anda karena ketepatan pembayaran angsuran. Namun, ketahuilah dengan seksama, apakah Anda memang layak untuk mencicil rumah. 

Yakni dengan mengetahui rasio utang berbanding aset Anda sendiri. Nilai rasio utang berbanding aset menunjukkan berapa besar aset milik kita, yang dibiayai utang. Caranya dengan membagi total utang dan total aset kita, maka kita bisa mendapatkan skor untuk rasio ini. Nilai ideal dari rasio ini adalah di bawah 50%. 

Jika nilainya lebih dari 50% maka tandanya, nilai utang kita telah melebihi nilai aset dan hal ini jelas menunjukkan ketidaksehatan finansial. Perbaikilah terlebih dulu rasio ini sebelum Anda mengajukan KPR.  

Baca Juga: Belajar dari Batavia Hadapi Flu Spanyol

Editor: Virdita Ratriani


Terbaru