Mau Memulai Usaha Lewat Online atau Offline? Simak Dulu Tips Ini

Sabtu, 24 Juli 2021 | 11:28 WIB   Reporter: Dikky Setiawan
Mau Memulai Usaha Lewat Online atau Offline? Simak Dulu Tips Ini

ILUSTRASI. Ilustrasi belanja online. KONTAN/Baihaki/2017/12/05

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Tekat Erlina Rahmawati. Wanita menjadi seorang pengusaha sudah bulat. Namun perempuan 40 tahun ini masih bingung. Bukan soal modal yang membuatnya gamang. Ibu tiga orang anak ini bimbang menentukan pilihan model usaha: bisnis online (daring) atau offline (luring).

Maklum, menjalankan sebuah usaha merupakan hal baru bagi Erlina yang sebelumnya bekerja sebagai pegawai kantoran. Sebelum memutuskan berhenti bekerja pada awal September silam, ia meniti karier di industri perbankan.

Apalagi, bisnis yang akan ditekuni Erlina bisa dibilang juga sudah menjamur. Rencananya, ia akan menjalankan bisnis pakaian wanita. "Yang membuat saya bingung masalah tempat usaha. Kalau membuka toko fisik, saya butuh tempat agak luas. Sewa tempatnya pasti tidak murah. Kalau bisnis secara online, saingannya sudah banyak," kata dia.

Erlina tidak sendiri. Banyak pebisnis pemula yang ragu melangkah lantaran belum bisa memastikan mana yang lebih menjanjikan, menjalankan bisnis secara online atau offline.

Mohamad Andoko, Perencana Keuangan dari OneShildt Finanscial Planning, menilai, pada dasarnya, menjalankan bisnis online maupun offline sama-sama menjanjikan. Model online atau offline hanya sebuah channel distribution atau kanal distribusi dari jasa atau produk yang ditawarkan pelaku usaha kepada konsumennya.

Yang terpenting, lanjut Andoko, bagaimana usaha yang dijalankan bisa meraih pangsa pasar dan bisa menghasilkan keuntungan dari pemasukan yang didapat. "Anda harus mencoba dulu bisnis itu. Harus ada test case dulu untuk memulai usaha," jelasnya.

Editor: Dikky Setiawan
Terbaru