Pensiun

Masa pensiun tiba bukan berarti tiba pula masa untuk berleha-leha

Minggu, 28 Juli 2019 | 10:40 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
Masa pensiun tiba bukan berarti tiba pula masa untuk berleha-leha

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Saat masa pensiun tiba, Anda wajib mengatur kembali anggaran keuangan bulanan. Anda sebaiknya memprioritaskan biaya kewajiban dan kebutuhan dalam anggaran keuangan yang baru agar tidak sampai pusing membayar semua tagihan.

Masa pensiun bukanlah akhir dari kehidupan Anda, melainkan fase baru kehidupan.

Rutinitas kehidupan Anda akan berubah dari sebelumnya pergi bekerja setiap hari, sekarang Anda tidak perlu lagi pergi ke empat kerja.

Sebelumnya, Anda selalu sibukkan dengan jadwal meeting yang mengikat, kini tidak mempunyai jadwal pertemuan dengan rekanan atau tim kantor.

Sebagian masyarakat memimpikan bisa membeli barang mewah dan sering berlibur saat pensiun karena berharap menerima dana pensiun bernilai besar. Apalagi mereka membayangkan waktu luang tak terganggu oleh rutinitas kerja.

Padahal, kenyataannya tidak selalu seindah bayangan itu. 

Widya Yuliarti, seorang perencana keuangan, mengatakan bahwa mereka yang mendapatkan dana pensiun sekaligus justru harus lebih cermat mengolah uang pensiunnya.

"Sebaiknya tidak menggunakan dana pensiun untuk membeli barang konsumtif," katanya kepada Kontan.co.id. Ingat, mereka tidak lagi bekerja.

Editor: Tri


Terbaru