Lakukan dua hal ini agar Anda pensiun sebagai orang kaya

Selasa, 27 Oktober 2020 | 05:25 WIB   Reporter: Noverius Laoli
Lakukan dua hal ini agar Anda pensiun sebagai orang kaya


KONTAN.CO.ID - Banyak orang ingin menikmati masa pensiun yang berkecukupan dan tidak khawatir lagi masalah keuangan. Namun hanya sedikit orang yang bisa memperoleh keistimewaan itu. 

Padahal setiap orang hampir pasti bila mendapatkannya asal mau memperjuangkannya sejak masih muda.

Maurie Backman, seorang penulis personal finance dalam artikelnya di fool.com, tertanggal 23 Oktober 2020 menuliskan bahwa hanya dengan menabung US$ 300 per bulan atau setara Rp 4,41 juta bisa membuat orang pensiunan jutawan.

Namun ada dua aturan yang harus dijalankan agar itu terjadi.

Baca Juga: Simak tips agar Anda memasuki masa pensiun dalam keadaan kaya

1. Mulailah lebih awal

Banyak orang mendapatkan pekerjaan pertama mereka di usia awal 20-an, hanya saja mereka tidak memulai mempersiapkan dana pensiunan mereka sampai bertahun-tahun kemudian.

Itu adalah kesalahan, karena kehilangan tahun-tahun awal kontribusi dan pertumbuhan investasi dapat menyebabkan perbedaan pensiun sebagai jutawan atau orang gagal.

Sebagai contoh, bila setiap pekerja mulai menyisihkan US$ 300 sebulan pada usia 22 tahun dan ketika mereka pensiun pada usia 67 tahun mengikuti aturan di Amerika Serikat (AS), maka mereka punya waktu 45 tahun untuk menginvestasikan uang tersebut.

Maka Anda bisa mendapatkan lebih dari US$ 1 juta atau setara Rp 14,7 miliar saat Anda pensiun jika menginvestasikan uang tersebut dengan rata-rata pengembalian tahunan 7%.

Namun jika menunggu lima tahun setelah bekerja baru mulai menginvestasikannya, maka Anda hanya mendapatkan sekitar US$ 719.000 saat pensiun.  Namun jumlah tersebut masih merupakan nilai yang cukup saat mulai pensiun.

Baca Juga: Setiap orang bisa jadi jutawan saat pensiun bila menginvestasikan US$ 100 seminggu

2 Berinvestasi secara agresif

Uang untuk tabungan pensiunan Anda seharusnya tidak melulu disimpang dalam bentuk tunai. Sebaliknya uang itu harus diinvestasikan agar jumlahnya tumbuh menjadi lebih besar.

Meskipun obligasi tidak stabil daripada saham, tapi obligasi cenderung menawarkan pengembalian yang jauh lebih rendah. Itulah sebabnya perlu bersifat agresif dengan investasi uang pensiun Anda.

Pasar saham secara historis memberikan pengembalian rata-rata 9%. Maka bila seluruh tabungan investasi dimasukkan di saham, bisa dipastikan pengembaliannya bisa mencapai rata-rata 7% per tahun.

Baca Juga: Simak lima alasan kenapa penting mengatur keuangan Anda

Tapi perhatikan apa yang terjadi ketika Anda memainkannya terlalu aman dalam rencana pensiun Anda. Jika Anda menyisihkan US$ 300 sebulan selama 45 tahun tetapi hanya menginvestasikan setengah dari kekayaan Anda di saham, meninggalkan setengah lainnya dalam obligasi, Anda mungkin mendapatkan rata-rata lebih seperti pengembalian tahunan 5%.

Dan dalam kasus itu, Anda akan pensiun dengan kekayaan US$ 575.000 atau setara Rp 8,45 miliar,  bukan US$ 1 juta.

Menutup karier Anda dengan uang pensiun sebesar US$ 1 juta atas nama Anda tidak harus berarti berpisah dengan sepertiga dari gaji Anda dan menjalani gaya hidup hemat yang tidak nyaman.

Yang diperlukan untuk pensiun sebagai jutawan adalah menabung secara konsisten sejak usia muda dan menginvestasikan uang Anda dengan bijak.

Dengan mengikuti dua aturan di atas, Anda mungkin akan terkejut melihat betapa banyak kekayaan yang Anda dapatkan pada saat tahun-tahun senior Anda dimulai.

 

Selanjutnya: Hal-hal yang perlu disiapkan sebelum masa pensiun tiba

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru