Uang

Kurs dollar rupiah hari ini: Berpeluang kembali di bawah Rp 14.000

Rabu, 17 Juni 2020 | 05:00 WIB   Reporter: Intan Nirmala Sari
Kurs dollar rupiah hari ini: Berpeluang kembali di bawah Rp 14.000

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kurs dollar rupiah hari ini berpeluang kembali di bawah Rp 14.000, setelah pada perdagangan di pasar spot kemarin rupaih menguat 0,18% ke Rp 14.090 per dollar AS dari hari sebelumnya.

Sedangkan pada kurs tengah Bank Indonesia (BI) atau kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR), rupiah menguat 0,51% menjadi Rp 14.155 per dollar AS dibanding sehari sebelumnya.

"Kami melihat sentimen positif dari pengumuman net ekspor kemarin menjadi pendorong rupiah di Selasa (16/6)," kata Ekonom PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) Fikri C. Permana kepada Kontan.co.id kemarin.

Di samping itu, sentimen global juga turut mendominasi pergerakan rupiah sepanjang Selasa (16/6), khususnya terkait pernyataan Presiden AS Donald Trump yang meminta pembebasan pajak penghasilan (PPh) bagi perusahaan-perusahaan AS di luar negeri.

Baca Juga: Rupiah bisa menguat lagi pada pertengahan pekan ini

Lalu, ketidakpastian politik AS akibat rasisme turut memberikan tekanan bagi investor global untuk masuk ke negara-negara berkembang termasuk Indonesia. 

Untungnya, Fikri mengungkapkan, beberapa sentimen tersebut sedikit terpinggirkan oleh data positif neraca perdagangan Indonesia pada Mei 2020.

Surplus neraca dagang mencapai US$ 2,09 miliar pada Mei dan US$ 4,31 miliar selama Januari-Mei menumbuhkan optimisme pasar. Apalagi, surplus diikuti komposisi peningkatan ekspor dari aktivitas manufaktur dan impor yang mengarah pada bahan baku penolong juga modal. 

"Kami pikir, optimisme akan pertumbuhan industri dalam negeri selama pandemi Covid-19 akan meningkat," ujar dia.

Baca Juga: Kurs rupiah masih punya peluang besar untuk menguat pada Rabu (17/6)

Bergerak di rentang Rp 13.870-Rp 14.120  

Editor: S.S. Kurniawan


Terbaru