Ini investasi yang bisa dilirik saat ekonomi global terguncang virus corona

Sabtu, 07 Maret 2020 | 19:24 WIB Sumber: Kompas.com
Ini investasi yang bisa dilirik saat ekonomi global terguncang virus corona

ILUSTRASI. Ilustrasi cover menaruh investasi. KONTAN/BAihaki/24/11/2016


DAMPAK VIRUS CORONA - JAKARTA. Merebaknya virus corona dengan cepat turut memberikan dampak kepada perekonomian global, termasuk Indonesia. Investasi pun dapat terpengaruh perlambatan ekonomi yang bisa terjadi akibat wabah virus yang sudah menyebar di 93 negara tersebut.

Lantas, apa instrumen investasi yang sebaiknya dipilih dalam kondisi ekonomi yang dihantui risiko akibat virus corona?

Baca Juga: IHSG jatuh dalam, dana pensiun lirik saham-saham ini

CEO dan pendiri perusahaan penyedia aplikasi keuangan Jouska Financial Adviser, Aakar Abyasa Fidzuno menyebut, ada beberapa pilihan instrumen investasi yang tepat untuk dipilih.

"Supaya kita enggak terlalu khawatir ya, tapi memang cash is the king. Jadi, produk-produk multi currency, produk perbankan kayak deposito, SBN, ini adalah pilihan terbaik di situasi sekarang untuk kita keep dalam jumlah besar," katanya di Jakarta, Sabtu (7/3/2020).

Begitu pula dengan investasi emas, yang menurut Aakar dinilai paling aman meski terjadi gejolak perekonomian. "(Kalau emas) safety, kita omongin risiko saja sih," ujarnya.

Baca Juga: Kobexindo Tractors (KOBX) belum berencana melakukan ekspansi tahun ini

Dia menyarankan, bagi para investor yang memilih untuk tetap menahan (keep investment) agar mulai menambah nilai investasinya tersebut.

Editor: Noverius Laoli

Terbaru