​Ingin miliki hunian? Ini tips cerdas membeli rumah lewat KPR

Selasa, 15 September 2020 | 14:32 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
​Ingin miliki hunian? Ini tips cerdas membeli rumah lewat KPR

ILUSTRASI. Pembangunan proyek perumahan di Tangerang, Selasa (8/9). Masyarakat bisa membeli rumah lewat KPR.


TIPS BELI RUMAH - Rumah merupakan salah satu kebutuhan pokok yang harus tercukupi. Namun, mahalnya harga rumah menyulitkan sebagian masyarakat untuk membeli properti hunian.

Riset Lifepal terhadap data yang dipublikasikan Badan Pusat Statistik (BPS) dan Bank Indonesia (BI) menunjukkan, tidak menutup kemungkinan di masa yang akan datang jumlah penduduk yang tak memiliki rumah akan bertambah banyak.

Soalnya, harga rumah terus mengalami kenaikan bahkan di era pandemi virus corona baru. Selain itu, harga dasar sebuah rumah bisa mencapai 100 atau bahkan 1.000 kali lipat dari gaji bulanan seorang pegawai. 

Untuk itu, simak tips cerdas membeli rumah dari Lifepal mengutip keterangan resminya:

Baca Juga: Gandeng Purinusa, BTN bikin program libur bayar angsuran KPR selama 6 bulan

Tips membeli rumah lewat KPR 

1. Pahami lebih dahulu, apakah Anda layak “mencicil rumah”

Bank atau lembaga pemberi kredit bisa saja memberikan penilaian skor bagus pada Anda karena ketepatan pembayaran angsuran. Namun, ketahuilah dengan seksama, apakah Anda memang layak untuk mencicil rumah. 

Caranya, dengan mengetahui rasio utang berbanding aset Anda sendiri. Nilai rasio utang berbanding aset menunjukkan berapa besar aset milik Anda yang dibiayai utang. 

Untuk menghitungnya, dengan membagi total utang dan total aset, maka Anda bisa mendapatkan skor untuk rasio ini. Nilai ideal dari rasio tersebut adalah di bawah 50%. 

Jika nilainya lebih dari 50%, tandanya: nilai utang Anda telah melebihi nilai aset. Tentu, hal ini jelas menunjukkan ketidaksehatan finansial. Perbaikilah terlebih dulu rasio ini sebelum Anda mengajukan KPR.  

Baca Juga: Gandeng Bank DKI, SMF salurkan pembiayaan KPR Syariah Rp 500 miliar

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru