Hai, milenial! kenali apa itu latte factor dan dampaknya

Selasa, 29 Oktober 2019 | 23:38 WIB   Reporter: Dityasa H Forddanta
Hai, milenial! kenali apa itu latte factor dan dampaknya


KOCEK BELANJA - JAKARTA. Apakah kehidupan sehari-hari Anda cukup familiar dengan menyeruput kopi kekinian yang bermunculan di berbagai tempat, pesan makanan tinggal klik via aplikasi lalu diantar walaupun jauh dari rumah maupun kantor, pesan transportasi online untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya?

Mungkin saja itu adalah Latte Factor Anda! Istilah yang mengacu kepada pengeluaran kecil tidak penting yang bisa ditiadakan namun rutin dilakukan sehari-hari ini diperkenalkan oleh David Bach, salah seorang pakar keuangan yang terkenal dengan rangkaian seri bukunya.

Baca Juga: Unika Atma Jaya luncurkan aplikasi belajar Gnowbe

Latte Factor tidak hanya mengenai kopi yang kini semua orang berlomba-lomba untuk berjualan di setiap sudut kota, namun juga berbagai pengeluaran lainnya yang tidak disadari seperti membeli air mineral kemasan, belanja cemilan, biaya transfer antar bank hingga biaya top-up uang elektronik.

Latte factor memang lebih banyak menjangkiti kaum milenial, generasi yang sudah terbiasa dengan kecanggihan teknologi lalu diikuti semakin mudahnya berbagai akses kebutuhan hidup melalui gadget menjadikan mereka lebih gampang mengeluarkan uang hanya untuk eksistensi di media sosial, ikut-ikutan tren atau memuaskan nafsu belanja yang disesali kemudian.

Baca Juga: Link Net (LINK) menuntaskan gelaran kompetisi e-sport akhir kuartal III 2019

Johanna Gani, Managing Partner Grant Thornton Indonesia dalam keterangan tertulisnya menjelaskan, Latte Factor bisa muncul dengan mudah hanya karena kebiasaan, tekanan sosial hingga kontrol diri yang lemah.

"Tanpa disadari latte factor menggerogoti penghasilan hingga sulit untuk menabung apalagi berinvestasi,” ujarnya, Selasa (29/10).

Editor: Yudho Winarto

Terbaru