Catat 5 tips agar keuangan membaik di tahun 2021

Jumat, 01 Januari 2021 | 08:28 WIB   Reporter: Wahyu Tri Rahmawati
Catat 5 tips agar keuangan membaik di tahun 2021

ILUSTRASI. Memasuki tahun 2021, masalah keuangan harus dipersiapkan secara matang.


KEBEBASAN FINANSIAL - JAKARTA. Belajar dari tahun-tahun sebelumnya, memasuki tahun yang baru di tahun 2021, masalah keuangan harus dipersiapkan secara matang. Apalagi sejak adanya pandemi membuat kondisi keuangan tidak sehat alias bermasalah. 

Financial Consultant Prita Hapsari Ghozie membeberkan beberapa hal yang harus diperhatikan agar keuangan Anda di 2021 bisa terencana dengan baik. "Pertama adalah pertahankan sumber pendapatan. Dengan berhasil mempertahankan sumber pendapatan, maka kita bisa membentuk cashflow," ujar Prita dalam siaran video YouTube bertajuk Wajib Tonton! Tips Keuangan Tahun 2021, Jumat (1/1). 

Kedua adalah mempersiapkan dana darurat. Menurut Prita, dana darurat dengan dana tabungan adalah dua hal yang berbeda. Dana darurat adalah dana yang dipersiapkan untuk musibah yang tak tahu akan dipakai kapan. Sementara tabungan adalah dana yang bisa dipakai untuk jangka yang panjang. 

Baca Juga: Ini empat mindset untuk mengontrol keuangan tahun 2021

Ketiga, persiapkan asuransi kesehatan. Dia menyarankan, bagi Anda yang enggan memiliki asuransi kesehatan, sebaiknya disarankan untuk memiliki tabungan khusus untuk kesehatan. "Khususnya para freelancer, itu enggak punya asuransi kesehatan atau BPJS Kesehatan, mau enggak mau ya mereka harus punya tabungan yang dialokasikan untuk kesehatan," ucap Prita. 

Keempat adalah dana pendidikan anak. Selain dana darurat, dia bilang, dana pendidikan anak juga harus dicek secara berkala. 

Sebab, hidup akan terus berjalan dan anak-anak akan terus bersekolah. "Terakhir adalah membuat dana pensiun. Mengapa penting? Agar tidak ada lagi anak yang terjebak ke dalam sandwich generation dan satu-satu caranya adalah orangtua memang harus memiliki dana pensiun yang baik," kata Prita.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul 5 Tips Agar Keuangan Membaik di Tahun 2021.
Penulis: Elsa Catriana
Editor: Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Baca Juga: 4 Buku ini mengubah hidup Warren Buffett

Baca Juga: Mengkaji ulang rencana keuangan usai lewati pandemi

Baca Juga: Pasar keuangan membaik tetap alokasikan dana darurat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru