Ini empat mindset untuk mengontrol keuangan tahun 2021

Jumat, 01 Januari 2021 | 07:13 WIB Sumber: Kompas.com
Ini empat mindset untuk mengontrol keuangan tahun 2021

ILUSTRASI. Rencanakan keuangan agar kondisi finansial sehat di tahun ini.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perencanaan keuangan adalah salah satu hal yang harus diperhatikan apabila Anda ingin memiliki finansial yang benar-benar sehat di tahun 2021. Financial Consultant Prita Hapsari Ghozie mengatakan, setidaknya ada empat mindset yang harus Anda miliki agar masalah keuangan Anda bisa terkontrol di 2021. 

"Pertama adalah kita harus memiliki mindset bukan masalah seberapa banyak kita menghasilkan uang, tapi seberapa besar pengeluaran penting kita, agar kita bisa tersadar bahwa kita masih memiliki kesempatan," ujar Prita dalam dari siaran video YouTube bertajuk Wajib Tonton! Tips Keuangan Tahun 2021, Jumat (1/1/2021). 

Kedua, yakni bagaimana karakter keuangan kita. Prita menyebutkan, apabila seseorang memang ingin memiliki finansial yang sehat, jangan sampai tergoda dengan orang-orang yang boros. 

Oleh sebab itu, menurut dia, penting sekali untuk memberi batasan diri dalam membuat pengeluaran dan mau membereskan diri sendiri. "Kalau diri kita sendiri sudah beres, barulah bereskan kondisi keuangan kita," ucap dia. 

Baca Juga: Lihat lagi strategi finansial sebelum pergantian tahun

Mindset yang ketiga adalah pilihlah mau terlihat kaya atau memang menjadi kaya. Keempat, adalah terus tingkatkan pendapatan dan atur perencanaan keuangan secara bijak. 

Prita juga menyarankan agar memiliki rencana yang bijak dalam mengelola keuangan. Sebab sejauh ini, dia bilang, sering sekali orang-orang malah sibuk untuk meningkatkan pendapatan tetapi tidak ada rencana yang bijak, sehingga semua perencanaan pun menjadi berantakan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Ini 4 Mindset yang Harus Anda Miliki Agar Keuangan di 2021 Bisa Terkontrol.
Penulis: Elsa Catriana
Editor: Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Baca Juga: Berikut reksadana paling kuat di tahun ini dan prospeknya di tahun depan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru