HOME

Bonus tahunan jangan ludes buat belanja, ingat ya...

Senin, 11 November 2019 | 01:35 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
Bonus tahunan jangan ludes buat belanja, ingat ya...

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menjelang akhir tahun jadi waktu yang paling dinanti oleh karyawan. Maklum saja, saat itu mereka akan menerima bonus tahunan yang jumlahnya melebihi gaji bulanan.

Apakah saat ini Anda sedang berhitung bonus yang akan diterima akhir tahun nanti? Atau, Anda sedang sibuk menyusun rencana menghabiskan uang bonus dengan keliling Eropa?

Baca Juga: Hindari merugi, ini 4 poin yang harus diketahui sebelum berinvestasi properti

Stop! Anda sebaiknya hentikan melakukan hal-hal tersebut.  

Mike Rini Sutikno, Financial Planner Mitra Rencana Edukasi mengatakan sebaiknya bonus tahunan tidak melulu dihabiskan untuk jalan jalan. Anda dapat menggunakan juga untuk merapikan portofilo keuangan pribadi.

Sehingga, kondisi keuangan Anda akan menjadi lebih baik. Syukur-syukur, dana tersebut dapat menjadi tambahan bekal pensiun nanti.  

Agustina Fitria, Financial Planner OneShildt mengatakan Anda tidak boleh menggunakan bonus tahunan untuk pembayar pengeluaran bulanan.

Alasannya, bonus tahunan bukanlah pemasukan rutin yang Anda terima saban bulannya. Selain itu, nilai bonus tidak menentu tergantung dengan prestasi atau kondisi keuangan perusahaan.

Jadi, sebaiknya Anda gunakan bonus tahunan untuk hal-hal yang sifatnya tidak rutin.

Buat daftar tujuan keuangan

Langkah pertama Anda buat daftar tujuan keuangan yang ingin dicapai dengan uang bonus tahunan. Fitria menyarankan Anda mempriotaskan hal-hal yang penting.

Editor: Tri Sulistiowati


Terbaru