HOME

Awas, kredit mobil bisa gagalkan resolusi finansial Anda!

Sabtu, 15 Februari 2020 | 21:00 WIB   Reporter: Hasbi Maulana
Awas, kredit mobil bisa gagalkan resolusi finansial Anda!

ILUSTRASI.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Semua orang ingin mengelola uang mereka lebih baik tahun ini. Malah sebagian orang menjadikan itu sebagai resolusi utama, mengalahkan berolahraga dan hidup sehat.

Kalau Anda termasuk di antara mereka, maka salah satu kunci untuk mengelola uang dengan lebih baik adalah memahami kesalahan yang mungkin selama ini Anda lakukan.

Nah, inilah daftar kesalahan finansial yang membuat Anda harus membayar mahal, dan cara memperbaikinya. Jika tidak, resolusi keuangan Anda mungkin gagal.

Baca Juga: Bunga deposito tertinggi 6,4%, bunga deposito BCA 4,6%, Bank Mandiri 6%, BRI 5,8%

1. Wisata kuliner

Frekuensi wisata kuliner sering kali bertambah seiring waktu. Di Amerika Serikat, 56% orang makan di luar 2-3 kali per minggu. Sepuluh persen makan 4-6 kali per minggu, dan 6% dari populasi makan di luar setiap hari. 

Mungkin statistik di Indonesia berbeda, tetapi mari kita pahami bagaimana makan di luar rumah terlalu sering bisa menguras isi dompet. 
 
Menyiapkan makanan di rumah tidak hanya menghemat uang, tetapi juga lebih sehat. Jika Anda pikir Anda makan terlalu sering, cobalah makan lebih banyak di rumah tahun ini. Jika Anda tidak suka memasak, ada banyak makanan sehat yang cepat dan mudah disiapkan.

2.Langganan ini-Itu

Internet menawarkan beragam cara untuk berlangganan segala macam hal: data internet, tv berbayar, kursus online, belajar online, dan beragam tawaran menggiurkan lain.

Umumnya langganan ini itu tampak menggiurkan karena biaya yang tercetak di brosur relatif terjangkau dilihat mata. Kalau satu macam langganan mungkin iya, tapi jika Anda memiliki 10 macam langganan setiap bulan yang harus di bayar?

Sejuta? Dua juta?

Bayangkan jika uang itu disimpan untuk tabungan atau investasi pensiun daripada dihabiskan untuk berlangganan. Jika seseorang menyisihkan Rp 1 juta untuk ditabung di deposito bank dengan imbal hasil 4% bersih per bulan, setelah dikurangi tingkat inflasi dan pajak maka 20 tahun kemudian uang itu sudah menjadi Rp 147 juta.

Tentu saja jangan batalkan semua langganan Anda dan menyimpan uang itu untuk masa pensiun, Anda harus menyisakan layanan berlangganan yang memang perlu Anda gunakan.

3. Kartu kredit >>

Editor: Hasbi Maulana

Dukungan dari Anda akan menambah semangat kami dalam menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat seperti ini.

Jika berkenan, silakan manfaatkan fasilitas donasi berikut ini.

gopay


Terbaru