Anda Generasi Sandwich? Ini Cara Atur Keuangan Biar Keuangan Tetap Sehat

Minggu, 08 Januari 2023 | 12:30 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Anda Generasi Sandwich? Ini Cara Atur Keuangan Biar Keuangan Tetap Sehat


TIPS KEUANGAN -  Semua orang pasti ingin memiliki tabungan yang cukup untuk masa depan. Namun bagi generasi sandwich, menabung untuk kebutuhan pribadi dibarengi dengan memnuhi kebutuhan keluarga sering kali menjadi hal yang sulit dilakukan.

Generasi sandwich atau generasi roti lapis sering dikaitkan dengan orang-orang yang keuangannya tidak teratur karena uang habis digunakan untuk memenuhi kebutuhan pribadi dan keluarga. 

Melansir dari Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya, generasi ini merupakan generasi yang menunjukkan identitas seseorang dengan beban ganda dalam hal finansial.

Orang-orang generasi sandwich memiliki tanggung jawab untuk menopang kebutuhan pribadi sekaligus kebutuhan orang lain seperti orangtua, anak, hingga masa depan. 

Baca Juga: Rekomendasi Investasi Paling Aman Tahun 2023 Menurut Ekonom Unair, Simak Apa Saja

Agar generasi sandwich memiliki pengelolaan keuangan yang baik dan sehat, pakar EKonomi UM Surabaya, Arin Setyowati membagikan sejumlah tips agar generasi sandwich bisa menyeimbangkan kebutuhan.

Tips atur keuangan untuk generasi sandwich

Menurut Arin, ada lima hal yang perlu diterapkan para pelaku generasi sandwich agar keuangan tetap sehat meski memiliki tanggungan yang banyak. 

1. Mengalokasikan penghasilan dengan bijak. 

Dalam mengalokasikan penghasilan, bisa menggunakan rumus 50/30/20 atau bisa juga dengan rumus 40/30/20/10 untuk mengelola penghasilan.

Adapun rincian dari kedua rumus tersebut adalah jika 50 persen dari penghasilan dialokasikan untuk kebutuhan, misalnya belanja bulanan, tagihan listrik dan air, cicilan dan lainnya). 

Kemudian 30 persennya dialokasikan untuk hiburan, 20 persen untuk asuransi, dan 10 persen untuk ditabung.

“Atau jika menggunakan rumus 40/30/20/10, maka 40 persennya dialokasikan untuk kebutuhan bulanan, 30 persen untuk kewajiban (bayar arisan,cicilan), 20 persen untuk tabungan, dan 10 persen untuk berderma atau kebaikan lainnya,” kata Arin, seperti dikutip dari situs UM Surabaya. 

2. Mencari alternatif penghasilan tambahan

Tips mengatur keuangan yang kedua bagi generasi sandwich adalah dengan mencari penghasilan tambahan.

Menurut Arin, selagi masih ada active income, maka bisa disiapkan passive income untuk menunjang dari kebutuhan diri dan keluarga. 

Misalnya dengan melakukan menjadi reseller hingga freelancer, atau membuat rintisan bisnis dalam upaya menciptakan sumber penghasilan tambahan.

3. Menempatkan keuangan pada investasi yang aman dan prospek

Selain menabung, melakukan investasi menjadi alternatif paling efisien untuk memutarkan dana mengganggur kita dengan mendatangkan profit (keuntungan).

“Tentunya dengan melakukan seleksi ketat pada instrumen investasi yang akan kita pilih supaya tidak rugi. Instrumen investasi yang bisa dipilih diantaranya; sukuk ritel, obligasi dan lainnya,” tambahnya.

Baca Juga: Tetap Waspada, Ini Penyebab Pembuluh Darah Otak Pecah dan Langkah Penanganannya

4. Menyiapkan asuransi diri

Asuransi baik pensiunan maupun kesehatan diri penting disiapkan oleh generasi sandwich. 

Di tengah kondisi yang tidak menentu (volatility) serta batas optimum dari kemampuan fisik dan psikis manusia, maka sudah seharusnya memikirkan sejak dini asuransi diri baik kesehatan maupun pensiunan untuk meminimalisir risiko atas kejadian di masa yang akan datang.

5. Dana darurat

Tips terakhir bagi generasi sandwich untuk mengatur keuangan adalah dengan menyiapkan dana darurat.

“Terakhir mengalokasikan untuk dana darurat. Dana ini akan menjadi dana cadangan untuk meng-cover kondisi tidak terduga yang dibutuhkan dalam waktu cepat atau dalam waktu yang bersamaan,”pungkas Arin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru