Agar THR tidak ludes untuk belanja, ikuti lima strategi ini

Minggu, 26 Mei 2019 | 04:51 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
Agar THR tidak ludes untuk belanja, ikuti lima strategi ini


ANGGARAN - JAKARTA. Anda seorang karyawan? Bila, iya, Anda pasti menunggu-nunggu momen turunnya tunjangan hari raya (THR). Nah, agar tidak seluruh THR berujung di mesin kasir mal, Anda bisa mengolah THR dengan cermat.

Selain menanti waktu mudik, masyarakat pekerja juga menunggu momen datangnya THR. Maklum saja, biasanya THR yang mereka terima sebesar satu kali gaji pokok sebulan.

Agustina Fitri, perencana keuangan OneShiltd, melihat banyak orang yang menggunakan THR untuk memenuhi keinginannya. Misalnya, mereka gunakan untuk membeli baju baru. Alhasil, THR mereka hanya akan berakhir di meja kasir pusat perbelanjaan.

Padahal, THR seharusnya mereka gunakan untuk memenuhi kebutuhan selama Lebaran. Tidak ingin kan, THR Anda habis hanya untuk membayar tagihan baju baru.

DI sinilah pentingnya bagi Anda untuk mengolah dana THR. Anda penasaran bagaimana caranya?

1. Untuk memenuhi kebutuhan pokok

Anda dapat menggunakan uang THR untuk memenuhi kebutuhan pokok selama Ramadan dan Lebaran.

Caranya, Anda harus membuat daftar kebutuhan dan keinginan selama bulan Ramadan dan Lebaran. Usahakan, Anda untuk menuliskan seluruhnya dengan terperinci.

Misalnya, Anda harus menentukan nominal uang bonus untuk penjaga kompleks dan membayar zakat fitrah. Anda juga harus menentukan jumlah anggaran berbelanja kebutuhan pribadi seperti baju dan kosmetik bila diperlukan.

Setelah itu, Anda bisa mencentang seluruh poin yang sudah terpenuhi lewat uang gaji bulanan.

"Gunakan THR Anda hanya untuk memenuhi kebutuhan yang belum terpenuhi," kata Widya, Perencana Keuangan Finansialku,com.

Perlu diingat, Anda harus mendahulukan untuk memenuhi daftar kebutuhan daripada keinginan agar total nilai anggaran yang Anda buat tidak melebihi jumlah THR yang diterima.

3. Untuk bayar utang

Selain untuk memenuhi semua kebutuhan, Anda bisa menggunakan uang THR untuk membayar utang. Dengan catatan, seluruh daftar kebutuhan Anda sudah terpenuhi.  

Dengan begitu, Anda dapat lebih cepat melunasi utang.

4. Masuk tabungan

Opsi lain yang bisa Anda lakukan adalah memasukkan sisa uang THR ke rekening tabungan.

Fitri mengaku tabungan tersebut dapat Anda gunakan untuk dana liburan atau lebaran tahun depan.

5. Untuk investasi

Anda juga dapat menginvestasikan dana THR yang tersisa. Widya menyarankan Anda harus menentukan tujuan menginvestasikan dana tersebut.

Tujuannya untuk memudahkan Anda memilih jenis investasi. Misalnya, Anda ingin menggunakan dana tersebut untuk membeli ponsel tahun depan. Maka, Anda dapat memilih jenis investasi jangka pendek seperti saham.

Namun, pastikan Anda memahami jenis investasi tersebut agar tidak kecewa di kemudian hari. "Jangan suka ikut teman, agar investasi Anda jadi maksimal dan efisien," kata Widya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati

Terbaru