Anggaran

Agar tak hanya jadi wacana, ini resep buat resolusi keuangan yang jitu

Rabu, 01 Januari 2020 | 10:14 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
Agar tak hanya jadi wacana, ini resep buat resolusi keuangan yang jitu

ILUSTRASI. ilustrasi. Uang logam rupiah.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tahun 2019 akan segera berganti, apa kabar rencana resolusi keuangan 2020? Para perencana keuangan akan berbagi resep merancang dan mencapai resolusi tersebut agar tak lagi jadi wacana.

Umumnya masyarakat membuat resolusi keuangan menjelang akhir tahun untuk memperbaiki kondisi keuangannya. Mereka pun mencatat poin-poin resolusi di dalam note pribadi.  

Baca Juga: Ogah cuma makan mi instan di akhir bulan, mahasiswa kudu cermati uang saku

Namun, tidak sedikit dari mereka yang gagal mencapai resolusi keuangannya. Alhasil, resolusi hanya jadi wacana.

Apakah hal ini juga sering Anda alami? Agar tidak hanya jadi angan-angan Anda mulai pasang kuda-kuda untuk membuat resolusi keuangan tahun depan.

"Anda harus tahu resolusi keuangan penting dibuat untuk memperbaiki kondisi keuangan yang belum baik," kata Budi Rudianto, Financial Planner OneShilt. Harapannya, saat resolusi keuangan tercapai kondisi kehidupan Anda akan membaik.

Budi mengatakan Anda cara khusus untuk membuat resolusi keuangan tersebut berjalan dan berhasil.

1. Membuat keputusan

2. Percaya kondisi keuangan bisa diperbaiki

3. Komitmen

4. Buat strategi

Membuat keputusan

Sebelum membuat resolusi keuangan tahun depan, Anda sebaiknya harus membuat keputusan yang tegas. Keputusan itu akan membantu Anda untuk menentukan arah resolusi keuangan yang pas.

Sebaiknya Anda membuat keputusan berdasarkan masalah keuangan yang sedang dihadapi. "Anda tidak akan mengalami perubahan kalau itu bukan sebuah masalah," kata Budi.

Baca Juga: Ingin punya iPhone 11, ini cara membeli tanpa berutang

Misalnya, Anda ingin menyelesaikan seluruh utang kartu kredit di tahun 2020. Atau, Anda ingin memiliki dana darurat agar tidak perlu berutang ketika sesuatu hal terjadi.

Editor: Tri

Dukungan dari Anda akan menambah semangat kami dalam menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat seperti ini.

Jika berkenan, silakan manfaatkan fasilitas donasi berikut ini.

gopay

Tag
Terbaru