: WIB    --   
indikator  I  

Rugi belum tentu, tapi sulit maksimal

JAKARTA. Produk keuangan hibrida –gabungan beberapa fungsi dalam satu produk– sudah banyak beredar di pasar. Di ranah asuransi jiwa dan kesehatan, kita mengenal unitlink yang memadukan fungsi asuransi dan investasi. Ada pula produk tabungan yang juga dibundel dengan manfaat asuransi yang banyak ditawarkan bank.

Membundel produk yang memiliki manfaat berbeda dalam satu kemasan, sejatinya merupakan upaya perusahaan keuangan untuk menyesuaikan supply dan demand di pasar. Unitlink, sebagai contoh, tidak dapat dilepaskan dari tingkat pemahaman sebagian masyarakat Indonesia yang cenderung belum bisa menerima jika duit premi asuransi hangus.

Bagaimana efektivitas produk hibrida dalam membantu pencapaian tujuan keuangan di mata para perencana keuangan? Freddy Pieloor, perencana keuangan MoneynLove Financial Planning, menyarankan kita agar menggunakan instrumen keuangan sesuai fungsi masing-masing, bukan memilih produk yang menawarkan fungsi secara gabungan.

Jadi, kalau tujuan Anda investasi, taruhlah dana di produk investasi alih-alih menempatkannya di tabungan apalagi asuransi. Meski begitu, Freddy bilang, belum tentu produk bundling itu merugikan. “Tapi, hasilnya akan lebih maksimal jika didistribusikan di instrumen yang tepat,” jelas dia.

Lebih penting dari itu, selama Anda memiliki perencanaan keuangan jelas, tidak sulit menemukan produk yang tepat. Tapi, tentu saja, Anda tidak boleh malas mencarinya.


Reporter Ruisa Khoiriyah, Agung Jatmiko
Editor Ruisa Khoiriyah

PRODUK HIBRIDA

Feedback   ↑ x