Ini dia yang membuat pengeluaran terus naik

Senin, 04 Juli 2016 | 15:00 WIB   Reporter: Harris Hadinata
Ini dia yang membuat pengeluaran terus naik


JAKARTA. Mungkin Anda pernah merasakan setiap tahun pengeluaran Anda terus naik. Alhasil, Anda mungkin jadi semakin susah menyisihkan sebagian penghasilan untuk menabung.

Perencana keuangan Finansia Consulting Eko Endarto menuturkan, pengeluaran yang terus naik setiap tahun merupakan hal yang wajar. “Karena itu setiap orang harus cermat mengelola pendapatan,” tegas dia.

Mike Rini Sutikno, Chief Executive Officer Mitra Rencana Edukasi Financial & Business Advisory, mengatakan, ada tiga faktor yang membuat pengeluaran terus naik. Pertama, inflasi.

Setiap tahun, harga barang berpotensi mengalami kenaikan. Penyebabnya macam-macam. Misalnya, kenaikan biaya produksi. Atau bisa juga lantaran pasokan produk tersebut terbatas, sehingga harganya jadi meningkat.

Kedua, siklus finansial. Setiap orang memiliki siklus finansial yang pasti dijalani seiring bertambahnya usia.

Misalnya, waktu ia masih baru bekerja dan belum menikah, pendapatan yang kecil masih mencukupi untuk memenuhi kebutuhan orang tersebut, lantaran dia tidak perlu menanggung orang lain. “Seiring bertambahnya umur, dia akan menikah, punya anak, menjadi tua, sehingga pengeluaran jadi lebih banyak dan terus bertambah,” ujar Mike.

Ketiga, gaya hidup. Mengonsumsi kebutuhan tersier bisa membuat pengeluaran seseorang bertambah. Misalnya, orang tersebut hobi nongkrong di kafe, sehingga pengeluaran dia bertambah untuk acara nongkrong.

Agar arus kas tidak kacau-balau dan kondisi keuangan di masa depan terjamin, setiap orang harus bisa mengelola faktor-faktor pendorong kenaikan pengeluaran tadi. “Yang bisa dibatasi terutama faktor gaya hidup,” sebut Mike.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Harris Hadinata

Terbaru