Financial plan itu penting, mengapa?

Minggu, 07 Oktober 2012 | 09:30 WIB   Reporter: Margareta Engge Kharismawati
Financial plan itu penting, mengapa?

Rating drama Korea (drakor) Hospital Playlist 2 turun setelah tidak tayang minggu lalu.


JAKARTA. Banyak financial planner yang menyerukan agar setiap orang atau keluarga membuat perencanaan keuangan bagi kehidupannya. Tapi apa alasannya? Nah, di sini ada tiga alasan mengapa kita harus membuat perencanaan keuangan dalam hidup kita.

Tiga alasan ini dijelaskan oleh CEO & Chief Financial Planner ZAP Finance Prita Hapsari Ghozie dalam seminar yang diadakan pada acara Indonesia Financial Expo & Forum 2012 di Jakarta Convention Center, Sabtu (6/11). Ini dia:

Pertama, untuk diri sendiri.
Setiap orang memiliki kebutuhan untuk dipenuhi. Misalnya saja ingin berbelanja, hidup nyaman, merawat diri, dan lain sebagainya. "Nah, untuk memenuhi itu semua, tentunya harus ada uang, harus ada perencanaan keuangan," tutur Prita.

Kedua, untuk keluarga.
Kita mempunyai saudara dan keluarga. Apalagi untuk yang sudah berkeluarga dan mempunyai anak, tentunya kita harus menyediakan dana untuk pendidikan anak. "Kalau anak minta mainan, tentunya kita juga harus mempunyai uang untuk membeli mainan itu," terang Prita.

Ketiga, untuk legacy (warisan).
Selain untuk diri sendiri dan keluarga, kita juga membutuhkan perencanaan keuangan untuk penerus kita. "Mungkin ketika kita nanti sudah tidak produktif, kita membutuhkan bantuan dari orang lain diĀ  masa tua," tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru