: WIB    --   
indikator  I  

Banyak Jalan agar Bisa Keluar dari Jerat Utang

Banyak Jalan agar Bisa Keluar dari Jerat Utang

JAKARTA. Tak akan pernah terpikirkan oleh Rina, seorang pekerja asal Cileungsi, Bogor, Jawa Barat, bahwa ia akan dikejar-kejar oleh debt collector. Telepon genggamnya saban hari diteror bagian penagihan sebuah perusahaan keuangan.

Ya, Rina terjebak dalam utang-utang kartu kredit dan kredit tanpa agunan (KTA) dari lembaga keuangan yang izinnya tak jelas. Jumlah utangnya kini sudah mencapai Rp 200 juta. Padahal gajinya hanya Rp 10 juta per bulan. Puncaknya, saat rumahnya akan diambil oleh debt collector dan ia pun langsung menelpon orang tuanya untuk ikut membantu.

Mungkin ada di antara Anda yang pernah mengalami kisah seperti Rina tadi. Hingga akhirnya orang tua atau saudara harus turun tangan ikut menyelesaikan utang-utang Anda.

Memang, banyak orang yang awalnya menganggap remeh utang-utang kartu kredit dan KTA yang ia miliki. Secara tidak sadar, jumlah utang tersebut makin menumpuk dan bunganya kian membengkak.   

Nah, jika memang Anda atau kenalan Anda mengalami kondisi tersebut, Anda harus bisa mengambil langkah berani untuk keluar dari masalah tersebut. “Tidak ada masalah yang tak ada jalan keluarnya,” begitu petuah orang bijak.

Yang pasti, Anda harus bisa disiplin dalam mengatur keuangan saat sedang terjebak dalam utang menumpuk. Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan bila ingin bisa terbebas dari jeratan utang.


Reporter Lamgiat Siringoringo
Editor Harris Hadinata

PENGELOLAAN UTANG

Feedback   ↑ x
Close [X]