Tujuh cara menghemat uang yang mungkin belum pernah Anda coba

Selasa, 29 Juni 2021 | 11:07 WIB Sumber: Yahoo Finance
Tujuh cara menghemat uang yang mungkin belum pernah Anda coba

ILUSTRASI. Tujuh cara menghemat uang yang mungkin belum pernah Anda coba

KONTAN.CO.ID -  Sebagian orang telah mencoba berbagai cara untuk menghemat uang mereka saat kondisi sulit terjadi. Mulai dari makan siang di rumah, membeli barang bermerek murah dan menghabiskan liburan di halaman belakang rumah saja.

Namun Anda juga tidak salah bila mencoba hal baru yang untuk menghemat pengeluaran Anda. Berikut ini tujuh cara yang dapat Anda lakukan untuk menghemat uang yang mungkin belum pernah Anda coba.

1. Mengambil pinjaman untuk melunasi utang

Langkah ini mungkin kedengaran berlawanan dengan intuisi, tetapi mengambil pinjaman bisa menjadi langkah pertama penting untuk bebas dari utang.

Pada masa pandemi, banyak keluarga mengandalkan karu kredit sebagai strategi bertahan hidup. Untuk jangka pendek ini langkah positif, tapi suku bunga yang mencekik pada kartu kredit, sering kali di atas 20%, dapat mengubur Anda dalam jangka panjang. 

Baca Juga: Pasangan ini pensiun di usia 30-an, ini strategi mereka supaya keuangan tetap lancar

Nah untuk mengatasi ini, Anda perlu mengajukan pinjaman baru berbunga rendah dan melunasi utang Anda berbunga tinggi. Memang Anda masih punya utang, tapi dengan tarif bunga yang rendah.

Keputusan ini bisa membantu Anda menghemat uang dan berpotensi membebaskan Anda dari utang bertahun-tahun lebih cepat.

2. Singkirkan rekening bank tradisional

Jika Anda memiliki uang lebih, Anda mungkin menyimpannya di rekening tabungan standar dari salah satu bank besar. Itu mungkin tampak seperti strategi yang aman, tetapi setiap hari, uang itu kehilangan nilainya.

Rekening bank tradisional praktis tidak membayar bunga. Penghasilan kecil apa pun yang Anda lihat akan ditelan inflasi.

Untuk memberi kesempatan uang Anda tumbuh dan mempertahankan daya belinya, carilah rekening tabungan dengan hasil tinggi. Beberapa bank — terutama bank digital yang tidak perlu membayar cabang fisik yang penuh dengan karyawan — menawarkan suku bunga lebih tinggi.

3. Biarkan robot melakukan penganggaran untuk Anda

Bahkan jika Anda membuat catatan setiap kali Anda membuka dompet Anda, sulit untuk melacak ke mana semua uang Anda pergi.

Baca Juga: Pensiun dini di usia muda, pasangan ini beberkan tips kelola uang

Editor: Noverius Laoli
Terbaru