BANK - JAKARTA. Pahami cara mengatasi transfer BI-Fast tidak masuk ke rekening. Layanan kirim uang antar perbankan kini mudah diakses dengan biaya yang lebih rendah lewat BI-Fast.
BI-Fast adalah sistem pembayaran yang dikembangkan oleh Bank Indonesia untuk memfasilitasi transfer dana secara real-time antarbank di Indonesia dengan biaya yang lebih rendah dan waktu proses yang lebih cepat.
Sistem ini memungkinkan pengguna melakukan transfer dana 24/7, termasuk di luar jam kerja bank dan pada hari libur, dengan biaya yang lebih terjangkau, yaitu sekitar Rp2.500 per transaksi.
Baca Juga: Syarat & Cara Pengajuan KUR BRI, Kuota KUR Tahun 2025 Makin Berlimpah
Sayangnya, nasabah bisa saja menemui masalah transfer BI-Fast tidak masuk ke rekening dengan cepat.
Alasan Mengapa Transaksi BI-Fast Mungkin Tidak Masuk
Ada beberapa penyebab transaksi BI-Fast Tidak masuk ke rekening secara tepat waktu.
1. Gangguan Jaringan atau Sistem
Nah, saat terjadi gangguan pada jaringan bank atau sistem BI-Fast itu sendiri yang dapat menyebabkan keterlambatan atau kegagalan transfer dana.
2. Waktu Pemeliharaan Sistem (Maintenance)
Apabila bank atau BI-Fast sedang melakukan pemeliharaan sistem, transaksi mungkin tertunda atau tidak berhasil.
Baca Juga: Hati-Hati Pencurian Data KTP untuk Pinjol, Ini Bahaya dan Cara Ceknya
3. Kesalahan Input Data
Saat nomor rekening atau informasi transfer yang dimasukkan salah, transaksi dapat gagal atau tidak masuk ke rekening tujuan.
4. Keterlambatan dari Bank Penerima
Walaupun sistem BI-Fast bekerja secara real-time, beberapa bank penerima mungkin mengalami keterlambatan dalam memproses transfer dana, yang menyebabkan transaksi tidak segera masuk.
5. Batasan Transaksi
Saat bank menerapkan batasan harian untuk transaksi melalui BI-Fast, yang jika terlampaui, dapat menyebabkan transaksi gagal.
Baca Juga: Media Pemerintah Korut Laporkan Acara Pelantikan Trump, Ini yang Diberitakan
Cara Mengatasi Transfer BI-Fast Tidak Masuk
Apabila terjadi masalah pada transaksi menggunakan BI-Fast, seperti transaksi yang tidak masuk atau dana tidak diterima di rekening tujuan, berikut langkah-langkah yang dapat diambil untuk mengatasinya:
1. Cek Status Transaksi
Langkah pertama adalah memastikan bahwa transaksi tersebut tidak tercatat di mutasi rekening Anda. Anda perlu melihat riwayat transaksi melalui aplikasi mobile banking, internet banking, atau melalui ATM.
Pastikan bahwa penerima belum menerima dana dengan menghubungi pihak penerima dan meminta mereka untuk memeriksa mutasi rekening mereka.
2. Lapor ke Bank Pengirim
Saat dana tidak masuk ke rekening tujuan, segera hubungi layanan pelanggan bank pengirim. Laporkan masalah yang Anda hadapi dan siapkan informasi berikut:
- Nomor rekening asal dan tujuan
- Nominal transfer
- Waktu transfer
- Metode transfer (BI-Fast)
- Bukti transfer (tangkapan layar atau struk dari aplikasi mobile/internet banking)
3. Proses Verifikasi oleh Bank
Setelah melaporkan transaksi yang gagal, bank akan melakukan penyelidikan lebih lanjut untuk menemukan penyebab masalahnya. Proses ini bisa memakan waktu beberapa hari kerja.
Anda bisa terus memantau status laporan atau mengecek mutasi rekening secara berkala untuk memastikan apakah dana sudah dikembalikan.
Baca Juga: Mirae Asset: Manfaatkan Volatilitas dengan Trading Pendek dan Bantuan AI
4. Laporan ke Bank Indonesia
Apabila bank tidak segera memberikan solusi atau masalah tidak terselesaikan dalam waktu yang wajar, Anda bisa melaporkan masalah tersebut kepada Bank Indonesia melalui layanan konsumen BI, yaitu BICARA (Bank Indonesia Contact Center).
- Nomor Telepon: 131
- Email: bicara@bi.go.id
Informasi yang Harus Disiapkan: Data transaksi seperti nomor rekening, nominal, dan waktu transfer. Bukti komunikasi dengan bank terkait penanganan masalah.
5. Tips Menghindari Transaksi Gagal
Hindari melakukan transfer saat bank sedang melakukan maintenance sistem atau offline. Periksa informasi rekening tujuan secara teliti untuk memastikan tidak ada kesalahan input.
Pastikan saldo mencukupi sebelum melakukan transfer. Anda dapat menggunakan koneksi internet yang stabil saat melakukan transaksi melalui mobile atau internet banking.
Saat transaksi tidak berhasil, biasanya dana akan dikembalikan ke rekening pengirim dalam beberapa waktu, namun jika tidak, pengguna bisa melaporkannya kepada bank terkait untuk ditindaklanjuti.
Itulah penjelasan terkait cara mengatasi transfer BI-Fast tidak masuk ke rekening dengan cepat.
Tonton: Data Ekonomi Tak Bisa Dipercaya, Pejabat Barat Nilai Ekonomi Rusia dari Luar Angkasa
Selanjutnya: Resmi Berlaku, Apa Opsen Pajak Kendaraan Bermotor Menambah Pajak Mobil & Motor?
Menarik Dibaca: 20 Link Twibbon Imlek 2025 Gratis Cocok buat Foto Profil Jelang Imlek
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News