Tips Mengelola Dana THR Agar Tidak Boros

Selasa, 26 April 2022 | 17:12 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Tips Mengelola Dana THR Agar Tidak Boros

ILUSTRASI. Tunjangan Hari Raya (THR).


KONTAN.CO.ID -Jakarta. Selama bulan Ramadan memang hal yang sangat dinanti-nantikan, kita bisa berkumpul bersama keluarga besar dan juga sahabat menjelang buka puasa dan hari lebaran nanti. 

Namun, saat memasuki bulan Ramadan ada pengeluaran tambahan yang tidak kita sadari. Misalnya, membeli takjil untuk buka puasa, buka puasa di luar rumah bersama keluarga dan teman, serta membeli hampers untuk keluarga atau kerabat saat mudik Lebaran. 

Jika Anda tidak bisa mengatur pengeluaran tersebut, keuangan Anda bisa menjadi tidak sehat. 

Apalagi ketika Anda mendapatkan tunjangan hari raya atau THR, namun THR tersebut habis untuk berbelanja keperluan lebaran tanpa ada yang ditabung maupun investasi. 

Nah, untuk itu ada sejumlah tips untuk mengelola dana THR agar tidak boros. 

Baca Juga: Jelang Idulfitri, Kemenperin bersama Bank Indonesia Fasilitasi Penukaran Uang Pecahan

Tips mengelola dana THR agar tidak boros

Dirangkum dari keterangan resmi OCBC NISP, berikut adalah tips mengelola dana THR agar tidak boros oleh Juky Mariska, Executive Vice President, Wealth Management Head OCBC NISP:

1. Selalu buat budgeting ketika mendapatkan gaji, bonus, THR

Agar tidak boros, Anda harus selalu membuat budgeting pengeluaran. Misalnya, ketika Anda mendapatkan gaji, Anda bisa mengeluarkan 20% dari gaji Anda untuk investasi, 50% untuk kebutuhan sehari-hari, 30% untuk keinginan Anda misalnya self reward, buka puasa bersama.

Anda juga bisa menerapkan hal yang sama ketika Anda mendapatkan THR. 

Misalnya dari THR, Anda mengeluarkan 20% untuk investasi, 20% untuk keluarga, 30% untuk kebutuhan lebaran, 10% untuk dana darurat dan 20% untuk sedekah. Dengan budgeting seperti itu, Anda jadi bisa mengatur keuangan agar tidak boros. 

Baca Juga: Ekonom Ramal Nilai Transaksi E-Commerce Tahun Ini Akan Lampaui Proyeksi BI

2. Sesuaikan budget untuk pembelian hampers

Jika Anda ingin membeli hampers untuk keluarga dan kerabat, Anda harus sesuaikan dengan budget dan usahakan jangan sampai melebihi budget yang ditentukan. 

Apalagi jika Anda harus membeli banyak hampers. Jangan sampai dana untuk keperluan lain habis hanya untuk membeli hampers saja. 

3. THR bukan rejeki nomplok, maka Anda harus mulai investasi 

Walaupun Anda mendapatkan THR untuk merayakan lebaran, Anda juga harus bisa mengatur THR dan menyisihkannya untuk investasi. 

Kalau Anda masih takut untuk investasi di saham yang resikonya besar Anda bisa mulai investasi di reksadana, yang resikonya tergolong kecil. Dengan begitu, THR yang Anda dapat tidak langsung habis begitu saja untuk berbelanja.

Nah, itulah tips mengelola dana THR agar tidak boros di hari lebaran.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru