Rumah Tangga

Simak tips untuk mengatur biaya pengeluaran selama Ramadan

Selasa, 14 Mei 2019 | 23:45 WIB   Reporter: Dimas Andi
Simak tips untuk mengatur biaya pengeluaran selama Ramadan

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Selama bulan Ramadan, masyarakat yang menjalani ibadah puasa tak hanya menahan godaan lapar dan haus saja. Masyarakat juga dihadapkan pada tantangan untuk mengontrol biaya pengeluaran selama bulan puasa.

Sharia Financial & Business Coach Reny K. Azhuri menyampaikan, agar kondisi keuangan tetap sehat selama bulan Ramadan, salah satu langkah sederhana yang dapat dilakukan oleh tiap orang adalah mengatur menu selama berpuasa bersama keluarga.

Misalnya dengan memilih menu yang disukai oleh semua keluarga, sehingga dapat menghindari membeli atau memasak menu yang berlebihan. Sebab, hal tersebut otomatis akan membuat pengeluaran membengkak.

Selain itu, masyarakat mesti berhati-hati dengan istilah lapar mata. “Jangan membeli makanan atau jajanan takjil yang berlebihan sehingga menjadi mubazir,” ujar Reny ketika ditemui Kontan.co.id, Selasa (14/5).

Selanjutnya, untuk mengefisiensi pengeluaran, ada baiknya masyarakat menyimpan bahan makanan yang sederhana dan awet. Dalam hal ini, bahan makanan tersebut bisa dikonsumsi untuk berbuka puasa hingga saat sahur tiba.

Masyarakat juga diharapkan menghindari acara-acara seperti buka bersama atau bukber yang tidak mendesak. Pasalnya, kegiatan tidak mendesak tersebut ujung-ujungnya akan mengganggu cashflow tiap individu.

Tak hanya itu, daftar prioritas acara yang dijalani selama bulan Ramadan wajib dilakukan. Acara tersebut tentu diharapkan benar-benar memiliki manfaat. “Disarankan tidak berutang untuk keperluan acara tersebut,” tandas Reny.


Editor: Yudho Winarto

Dukungan dari Anda akan menambah semangat kami dalam menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat seperti ini.

Jika berkenan, silakan manfaatkan fasilitas donasi berikut ini.

gopay


Terbaru