Simak 5 strategi Jack Ma dalam berbisnis hingga sukses seperti sekarang

Selasa, 22 Desember 2020 | 08:15 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Simak 5 strategi Jack Ma dalam berbisnis hingga sukses seperti sekarang

ILUSTRASI. Simak 5 strategi Jack Ma dalam berbisnis hingga sukses seperti sekarang. REUTERS/Yuya Shino/File Picture

KONTAN.CO.ID -  Strategi bisnis yang tepat bisa membawa bisnis apapun menuju kesuksesan. Karenanya banyak pebisnis pemula yang belajar cara berbisnis yang baik dari berbagai pakar.

Anda bisa mencoba mencontek cara berbisnis dari pendiri Alibaba, Jack Ma. Ma merupakan pengusaha yang mulai semuanya dari nol hingga sesukses sekarang.

Dalam merintis Alibaba, ada beragam rintangan yang dialami, namun dia menolak untuk menyerah dan terus berusaha.

Banyak pengusaha terutama pengusaha muda yang terinspirasi oleh Jack Ma. Strategi Jack Ma dalam berbisnis, banyak ditiru oleh pengusaha.

Simak strategi bisnis yang dipakai Jack Ma di bawah ini yang dihimpun dari South China Morning Post dan Inc.

  • Berani bermimpi besar

Untuk mendapatkan kesuksesan yang besar, Anda perlu bermimpi besar juga.  Jack Ma, dengan keterbatasan pengetahuan tentang komputer, mampu mendirikan Alibaba. 

Ma, saat itu berkeinginan untuk menjadi nomor 1 di Dunia dalam bisnis yang ia geluti. 

Tentunya mimpi tersebut harus dibarengi dengan usaha untuk merealisasikannya. Jack Ma mau bersusah payah belajar berbagai hal untuk memulai Alibaba. 

Setelah berhasil mendirikan Alibaba, dia tetap mau belajar. Bagi Ma, belajar bisa membantu mengembangkan diri dan bisnis. Tidak salah jika sikap ini jadi salah satu strategi bisnis Jack Ma.

Baca Juga: Bisa ditiru, ini cara Warren Buffett mendidik anak biar pintar mengatur uang

  • Fokus pada pelanggan

Rahasia Jack Ma sukses dalam bisnis adalah fokus. Jack Ma selalu fokus pada apa yang dibutuhkan oleh pelanggannya. Strategi bisnis cukup berhasil untuk mengembangkan potensi suatu bisnis.

Bagi Ma, kepuasan pelanggan merupakan investasi jangka panjang yang menjanjikan. Jack Ma selalu berkata "tidak tahu" tentang kompetitornya.

Tidak peduli apa yang dibuat oleh kompetitor Anda, yang harus menjadi fokus utama adalah kebutuhan pelanggan.

Lihat apa yang diinginkan pelanggan, lalu kembangkan hal tersebut menjadi bisnis.  Fokus pada kepuasan pelanggan dan bisnis Anda akan berkembang dengan sendirinya. 

Editor: Tiyas Septiana
Terbaru