Sederet Risiko Berpotensi Terjadi Saat Nataru, Ini Tips dari BRI Insurance

Sabtu, 23 Desember 2023 | 22:13 WIB   Reporter: Tendi Mahadi
Sederet Risiko Berpotensi Terjadi Saat Nataru, Ini Tips dari BRI Insurance

ILUSTRASI. Ilustrasi asuransi kendaraan. KONTAN/Muradi/2015/10/06


ASURANSI UMUM - JAKARTA. Tahun baru 2024 sudah di depan mata. Banyak orang sudah yang siap menyambut tahun baru yang akan datang hanya dalam hitungan hari dari sekarang. Tahun baru memang selalu memberikan momen yang berbeda setiap tahunnya.

Hampir semua orang mulai mempersiapkan sesuatu untuk menyambut tahun baru baik bersama teman atau keluarga. Berikut ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menghindari risiko yang terjadi saat menyambut Natal dan tahun baru, yaitu:

Kecelakaan Lalu Lintas
Dengan adanya pola pergerakan orang dalam hari-hari tertentu, seperti libur Natal dan Tahun Baru, akan lebih banyak ketimbang hari biasanya. Hal ini juga berbanding lurus dengan peningkatan potensi kecelakaan terjadi. 

Kecelakaan lalu lintas biasanya terjadi diakibatkan banyak hal seperti kelalaian manusia yang paling dominan dalam sebuah peristiwa kecelakaan lalu lintas yaitu tidak mematuhi peraturan lalu lintas saat berkendara, kondisi kendaraan yang tidak optimal dan mengakibatkan sering terjadinya kecelakaan antara lain pecah ban, rem tidak berfungsi sebagaimana seharusnya (rem blong), kondisi jalan yang rusak atau bahkan berlubang sangat membahayakan kendaraan sepeda motor dan mobil.

Baca Juga: BRI Life Berhasil Meraih dalam Ajang Indonesia Good Corporate Governance Award 2023

Kecelakaan di Tempat Wisata
Tak bisa dipungkiri bila liburan Natal Dan Tahun Baru merupakan waktu yang tepat untuk mengunjungi tempat wisata. Hampir semua tempat wisata pasti dipenuhi pengunjung, namun belakangan ini banyak kasus kecelakaan yang terjadi di tempat wisata. 

Banyaknya kecelakaan di tempat wisata tersebut dipengaruhi oleh banyak hal seperti kendornya pengawasan terhadap tempat wisata, kurangnya perawatan fasilitas, umur fasilitas wisata yang sudah lama dan melebihi kapasitas dengan frekuensi pemakaian yang meningkat. Dengan banyaknya risiko yang ada pada tempat wisata, kita harus lebih memperhatikan keselamatan diri saat ingin berlibur.

Banjir 
Dalam perjalanan liburan bisa saja kita dihadapkan pada situasi yang menyulitkan, salah satunya bencana banjir. Musim hujan memungkinkan datangnya banjir secara tiba-tiba, di saat kita sedang melakukan perjalanan liburan. 

Bencana banjir bisa membuat semua rencana liburan seketika hancur karena akan membuat perjalanan menjadi terkendala seperti susahnya akses jalan untuk menuju tempat yang dituju dan kondisi kendaraan yang terendam banjir berpotensi untuk mengalami kerusakan berat dan tidak bisa dijalankan kembali.

Baca Juga: MSIG Targetkan Bisnis Asuransi Perjalanan Tumbuh Lebih dari 100% Saat Nataru

Kebakaran
Saat Natal dan Tahun Baru banyak orang yang akan melakukan perjalanan dan meninggal rumah untuk berlibur, namun di momen liburan natal dan tahun baru banyak kejadian yang sering terjadi seperti kebakaran yang diakibatkan konsleting listrik, ledakan kompor, dan ledakan yang disebabkan oleh percikan kembang api. 

Untuk itu perlu kita perhatikan bahwa ketika ingin bepergian meninggalkan rumah ada baiknya untuk selalu mengecek seluruh aliran listrik dan mencabut aliran listrik dengan sempurna, mencabut selang gas dari kompor, dan memastikan kondisi seluruh rumah dalam keadaan aman untuk ditinggalkan saat berlibur.

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru