Rumus Pensiun ala Warren Buffett, Bisa untuk Siapkan Tabungan Hari Tua

Rabu, 01 November 2023 | 13:54 WIB   Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie
Rumus Pensiun ala Warren Buffett, Bisa untuk Siapkan Tabungan Hari Tua

ILUSTRASI. Strategi investasi Buffett menekankan pada pertumbuhan jangka panjang, pemahaman investasi, dan kekuatan bunga majemuk. REUTERS/Rick Wilking


RUMUS PENSIUN WARREN BUFFETT - Warren Buffett, investor legendaris dan ketua Berkshire Hathaway, terkenal karena kesuksesannya yang tak tertandingi di pasar saham. 

Selain itu, Buffett juga dikenal karena nasehatnya yang tak lekang oleh waktu mengenai uang dan kehidupan. 

Banyak yang bertanya-tanya bagaimana ajarannya bisa diterapkan saat memasuki masa pensiun. 

Meskipun Buffett belum secara eksplisit merinci formula pensiunnya, prinsip dan tindakannya memberikan peta jalan bagi mereka yang ingin memahami berapa banyak uang yang mungkin diperlukan untuk mendapatkan masa pensiun yang nyaman. 

Pendekatan Rumus Pensiun yang Terinspirasi dari Buffett

Melansir New Trader U, strategi investasi Buffett menekankan pada pertumbuhan jangka panjang, pemahaman tentang apa yang diinvestasikan, dan kekuatan bunga majemuk. 

Dengan menerapkan prinsip-prinsip ini, dapat disimpulkan formula pensiun ala Buffett:

Kebutuhan Pensiun = (Biaya Hidup Tahunan – Pendapatan Pasif Tahunan) x Tahun Pensiun / (1 – Persentase Margin Titik Aman)

Baca Juga: Strategi Cerdas Warren Buffett untuk Sukses Ini Mudah Ditiru

Mari kita uraikan rumusnya:

Setiap komponen formula ini mewakili aspek spesifik perencanaan pensiun, yang diilhami oleh prinsip keuangan dan perencanaan yang bijaksana. Berikut penjelasan detail masing-masing bagiannya:

1. Biaya Hidup Tahunan:

- Definisi: Biaya hidup tahunan mewakili jumlah total uang yang Anda perkirakan akan dibutuhkan setiap tahun selama masa pensiun Anda untuk menutupi semua pengeluaran Anda.

- Komponen: Ini dapat mencakup perumahan (sewa atau hipotek, jika masih ada), utilitas, makanan, perawatan kesehatan, transportasi, kegiatan rekreasi, perjalanan, dan pengeluaran pribadi atau keluarga lainnya.

- Pentingnya: Memperkirakan angka ini secara akurat sangatlah penting. Meremehkan dapat menyebabkan kekurangan finansial di masa pensiun. Sementara, dengan melebih-lebihkan angka komponen ini berarti Anda menabung lebih dari yang diperlukan, sehingga berpotensi mengorbankan kualitas hidup saat ini.

Baca Juga: 8 Formula Rahasia Sukses Warren Buffett yang Tidak Rumit Dilakukan

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru