Resolusi 2023, Ini Tips Mengatur Keuangan untuk Gen Z

Kamis, 12 Januari 2023 | 11:51 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Resolusi 2023, Ini Tips Mengatur Keuangan untuk Gen Z

ILUSTRASI. Tips mengatur keuangan untuk gen Z sebagai salah satu resolusi di tahun 2023. KONTAN/Muradi/18/04/2017


TIPS KEUANGAN - Menyambut tahun baru 2023, banyak orang yang membuat resolusi di tahun 2023. Salah satu resolusi 2023 yang bisa dibuat adalah terkait dengan pengelolaan keuangan.

Nah, pengelolaan keuangan ini sebaiknya juga dilakukan sejak dini termasuk bagi kalangan generasi Z. Generasi Z adalah mereka yang lahir dari tahun 1996 hingga 2012.

Sehingga, generasi Z sudah memasuki usia produktif di tahun baru ini. Generasi Z juga sudah menghadapi berbagai tantangan baik pandemi COVID-19 hingga resesi global yang masih menghantui.

Sehingga, terdapat sejumlah tips mengatur keuangan sebagai salah satu resolusi 2023 yang bisa diterapkan oleh generasi Z.

Baca Juga: Tak Mau Ketinggalan, Sederet Bank Ini Siapkan Layanan Super Apps

Tips mengatur keuangan untuk generasi Z

Tips  mengatur keuangan generasi Z

Dirangkum dari keterangan resmi Bank OCBC NISP, berikut adalah tips mengatur keuangan untuk gen Z sebagai salah satu resolusi di tahun 2023:

1. Pisahkan alokasi menabung di hari pertama mendapatkan pendapatan atau gajian

Sebagai generasi Z, kita juga harus mulai mencoba membuat anggaran keuangan bulanan. Anggaran ini berisikan apa saja rencana pengeluaran per bulan kita yang sudah pasti akan keluar.

Selain itu, kita juga bisa menuliskan pengeluaran yang akan digunakan untuk memenuhi keinginanmu. Namun, kita pun harus membiasakan diri untuk menabung di hari pertama kita mendapatkan pendapatan atau gajian.

Kebiasaan ini bisa dimulai dengan menabung 20% dari pendapatan per bulan.

Baca Juga: 60% Pengguna Fintech Didominasi Generasi Muda

2. Jangan FOMO pada investasi return besar

Sebagai generasi yang sudah melek dengan teknologi, tidak jarang beberapa dari kita sudah memiliki investasi, baik itu saham maupun bitcoin.

Namun, banyak sekali dari mereka yang sudah berinvestasi tetapi belum memiliki pengaturan keuangan yang tepat.

Terkadang kita lebih tergiur dengan return yang besar tanpa memperhatikan risiko dari investasi yang kita miliki. Maka dari itu, ada baiknya Gen Z mulai memahami tentang profile risk, agar dapat secara tepat memilih instrumen yang sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga: Sukuk Ritel ST009 Laris Manis, Terjual Habis Sebelum Penawaran Ditutup

3. Memiliki savings account

Sebagai generasi Z, kegiatan menabung di rekening bisa dianggap sebuah kegiatan yang tidak kekinian. Padahal memiliki tabungan di rekening atau tempat lainnya yang cepat dicairkan merupakan hal penting.

Menabung di rekening sebenarnya memberikan sebuah rasa aman. Misalnya ketika kita membutuhkan uang tunai secara cepat, kita tidak akan kebingungan mencari pinjaman atau bahkan harus mencairkan investasi kita.

Usahakan kamu memiliki tabungan di rekening dengan minimal tabungan kamu adalah sebesar 6 kali dari pengeluaran bulanan.

Nah, itulah sejumlah tips mengatur keuangan bagi generasi Z sebagai salah satu resolusi di tahun 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru