Persiapkan dana pendidikan buah hati sejak dini

Sabtu, 13 Oktober 2012 | 10:54 WIB   Reporter: Cipta Wahyana
Persiapkan dana pendidikan buah hati sejak dini

ILUSTRASI. Manfaat buah anggur yang luar biasa untuk kesehatan tubuh


JAKARTA. Tim Share & Learn KONTAN kembali bergerak. Sabtu (13/10), KONTAN menggelar edukasi finansial tersebut di sekolah Bunda Hati Kudus (BHK) Kota Wisata, Cibubur.

Seusai dengan temanya, Prepare Your Children's Dream, kali ini KONTAN mengajak para peserta talkshow untuk berinvestasi demi mempersiapkan dana pendidikan buah hati.

Ada 3 pakar yang berbagi tips dalam Share & Learn di BHK.  Ketiganya adalah: Prita Hapsari Ghozie, Financial Planner Zap Finance; Putut Endro Andanawarih, Direktur Investment Specialist PT Manulife Aset Manajemen Indonesia; dan Hardiyanto Pilia, VP Wealth Management Group PT Bank Mandiri Tbk.

Prita mengingatkan peserta talkshow bahwa inflasi membuat kebutuhan dana pendidikan terus meningkat dari tahun ke tahun. Total dana pendidikan di FEUI yang saat ini sekitar Rp 50 juta per semester akan melonjak menjadi lebih dari Rp 1 miliar dalam 10 tahun lagi.

Karena itu, Prita mengajak setiap keluarga untuk mempersiapkan dana pendidikan buah hati sejak dini. Caranya adalah dengan investasi.

Salah satu pilihan produk investasi yang cocok untuk membiakkan dana pendidikan adalah reksadana. "Reksadana menjadi jalan bagi masyarakat untuk masuk ke pasar modal," kata Putut. Melalui reksadana, masyarakat bisa ikut membeli saham maupun obligasi.

Alhasil, dengan portofolio investasi seperti itu, investor reksadana bisa menikmati keuntungan yang cukup tinggi dari reksadana. Berdasarkan catatan KONTAN, tahun lalu, cukup banyak reksadana yang mampu menghasilkan keuntungan sekitar 20%-30%.

Berapa modal untuk bisa investasi reksadana? Jangan khawatir, di zaman sekarang, investasi reksadana bisa dimulai dengan modal mini. Di Mandiri misalnya, investor bisa membeli reksadana dengan cara mencicil per bulan (installment).

Pilihan nilai cicilannya beragam, mulai dari Rp 100.000 per bulan. "Total ada 47 pilihan produk reksadana yang dijual Mandiri sebagai agen penjual," terang Hardiyanto.

Hardiyanto juga mengingatkan, kunci keberhasilan investasi adalah disiplin. Anda harus disiplin menyisihkan dana per bulan untuk investasi dana pendidikan anak. Semakin awal memulai semakin baik.  Selamat berinvestasi!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Edy Can

Terbaru