Perempuan Penting Punya Kemampuan Mengatur keuangan, Ini Alasannya

Jumat, 10 Mei 2024 | 20:44 WIB   Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk
 Perempuan Penting Punya Kemampuan Mengatur keuangan, Ini Alasannya

ILUSTRASI. Kantor Insight Investments Management di Senayan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (23/1/2024).


INVESTASI - JAKARTA. Perempuan memegang kendali penting dalam pengelolaan keuangan baik untuk pribadi maupun keluarga. Memahami investasi merupakan kunci penting bagi perempuan dalam mengelola keuangan.

Direktur PT Insight Investments Management (Insight Investments Management) Ria Meristika Warganda mengatakan, ada empat alasan mendasar mengapa perempuan harus bisa mengelola keuangan dengan baik.

Pertama, untuk membangun kemandirian finansial dalam mengelola keuangan pribadi tanpa tergantung sepenuhnya pada orang lain. “Pengelolaan keuangan secara mandiri, menurut Ria, bisa menjadikan perempuan merasa lebih percaya diri dalam menghadapi berbagai situasi keuangan yang mungkin terjadi dalam kehidupannya,” kata dia dalam keterangan resminya dikutip Jumat, (10/5).

Kedua,  karena perempuan perlu mengatur keuangan untuk dirinya dan keluarga maka keterampilan pengelolaan keuangan yang baik diharapkan dapat mendukung stabilitas dan kesejahteraan keluarga secara keseluruhan. Termasuk memastikan agar tujuan-tujuan keuangan keluarga dapat tercapai, misalnya untuk biaya pendidikan, biaya pensiun, umroh stau naik haji, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Berikut Manfaat Asuransi Untuk Menjaga Keuangan Kita
 
Ketiga,  keterampilan pengelolaan keuangan yang baik dapat mengatasi kesenjangan akses finansial antara perempuan dan pria. Menurut Ria, hal ini dapat menciptakan kesetaraan dalam akses terhadap sumber daya finansial.
 
Berdasarkan data OJK pada tahun 2022, untuk pertama kalinya indeks literasi keuangan perempuan lebih tinggi yakni sebesar 50,33% dibanding laki-laki 49,05%. Namun, investor pasar modal masih didominasi pria.  Menurut data KSEI per Maret 2024, Investor pasar modal Indonesia lebih didominasi laki-laki dengan proporsi 62,2%.
 
Keempat, pengelolaan keuangan yang baik bisa menciptakan keseimbangan hidup dan karir. “Dengan pengelolaan keuangan yang baik, kita dapat mengelola waktu dan sumber daya dengan lebih efisien, memungkinkan kita untuk fokus pada hal-hal yang penting dalam kehidupan, termasuk mengatur keseimbangan antara kehidupan pribadi dan karier,” jelas Ria.
 
Lebih lanjut, Ria menjelaskan setidaknya terdapat 3 langkah guna mencapai kemandirian finansial melalui investasi, yakni mencari investasi yang mengalahkan inflasi, berinvestasi secara berkala, dan konsisten serta perlunya memilih investasi yang sesuai dengan profil risiko.

Baca Juga: Jaring Pasar Milenial, BTN Tawarkan Kredit Pemilikan Rumah dengan Skema Khusus Gaess!
 
Menurutnya, investasi membantu melawan efek inflasi yang menyebabkan nilai uang mengalami penurunan seiring waktu. Dengan berinvestasi, perempuan dapat mengembangkan kekayaannya agar tetap relevan dalam menghadapi biaya hidup yang terus meningkat.

Ria mengatakan, penting untuk lebih cermat dalam memilih produk investasi yang mampu mengalahkan tingginya tingkat inflasi. Oleh karena itu, harus dipastikan produk investasi terbukti bisa mengalahkan inflasi.

“Sebagai contoh, Insight Investments Management memiliki produk Reksa Dana Pasar Uang I-Money yang memiliki kinerja historis di angka 5,55%. Sementara rata-rata inflasi di Indonesia 1 tahun terakhir hanya 3,22. Selain itu investasi dengan reksa dana pasar uang juga memiliki tingkat likuiditas yang relatif tinggi." pungkas Ria

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dina Hutauruk

Terbaru