Mumpung Masih Awal Tahun 2023, Ini Tips Mengatur Keuangan Biar Dompet Tetap Sehat

Selasa, 03 Januari 2023 | 11:59 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Mumpung Masih Awal Tahun 2023, Ini Tips Mengatur Keuangan Biar Dompet Tetap Sehat

ILUSTRASI. Mumpung Masih Awal Tahun 2023, Ini Tips Mengatur Keuangan Biar Dompet Tetap Sehat.


TIPS KEUANGAN -  Awal tahun 2023 menjadi saat yang pas bagi masyarakat yang ingin mengatur finansial mereka.

Tahun baru bisa menjadi momen yang tepat untuk membenahi keuangan secara sendiri ataupun keluarga, termasuk membuat target baru untuk urusan finansial. 

Dosen Ekonomi UM Surabaya Fatkur Huda membagikan sejumlah tips mengatur keuangan di awal tahun agar seseorang memiliki target rencana dan keuangan yang sehat.

Menurut Fatkur ada empat hal yang perlu dilakukan seseorang saat akan mulai mengatur keuangan. Apa saja hal-hal tersebut? Simak rangkumannya berikut ini.

Baca Juga: Pencari Kerja Wajib Tahu, Ini Ciri-Ciri Perusahaan Red Flag yang Perlu Dihindari

1. Menghitung ulang

Untuk mewujudkan keuangan yang sehat di awal tahun, perlu dilakukan penghitungan ulang rencana keuangan yang telah dibuat. 

Langkah ini selain untuk memastikan kembali rencana yang dibuat, juga untuk melakukan evaluasi pos perencanaan yang telah dibuat sepanjang tahun yang berlalu.

“Kita perlu menyiapkan kembali tabungan untuk anak, asuransi, bahkan untuk persiapan masa pensiun yang perlu dilakukan sejak dini,”ucap Fatkur, dikutip dari situs UM Surabaya.

2. Meninjau investasi  

Awal tahun menjadi momen bagi banyak penyedia jasa investasi memberikan promosi besar. Namun tak semua investasi memiliki kecocokan dengan karakter diri seseorang.

Maka memaksimalkan awal tahun untuk meninjau portofolio atau investasi yang telah dimiliki menjadi penting untuk memastikan apakah asset yang dimiliki masih tetap memadai. 

Kemudian dipertahankan atau bahkan harus menjualnya untuk menentukan langkah investasi yang jauh lebih aman dan memiliki nilai tinggi.

“Usahakan untuk mengurangi investasi yang tidak berjalan dengan baik agar seseorang dapat mengurangi kewajiban membayar pajak,”imbuhnya lagi.

Baca Juga: TNI AL Buka Pendaftaran Calon Prajurit Bintara Tahun 2023, Minimal SMA Bisa Daftar

3. Membuat rencana belanja bulanan

Salah satu strategi yang aman untuk menjaga keuangan adalah dengan merencanakan belanja bulanan berdasarkan catatan yang telah ditetapkan.

“Belanja bulanan menjadi salah satu pos perencanaan keuangan yang harus selalu dijaga konsistensinya, dengan begitu kita tidak akan asal dalam belanja. Apalagi dengan adanya promo yang menghantui kita di setiap awal tahun,”tegasnya.

4. Mengalokasikan dana sosial 

Kebanyakan dari kita berpikir bahwa dana sosial dapat sewaktu-waktu dikeluarkan tanpa perlu mengalokasikan. 

Padahal apabila direncanakan dengan baik dan mengalokasiknanya, akan memberikan kemudahan kepada kita untuk mengeluarkannya.

“Alokasi dana sosial tidak akan membuat seseorang semakin pelit atau bahkan terlalu royal. Justru alokasi dana sosial akan terlaksana sebagaimana anjuran yang telah ditetapkan dalam perintah agama,”pungkas Fatkur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru