Milenial ingin punya rumah? Simak tips dari bos DMS Propertindo (KOTA) berikut

Jumat, 12 Februari 2021 | 15:25 WIB   Reporter: Selvi Mayasari
Milenial ingin punya rumah? Simak tips dari bos DMS Propertindo (KOTA) berikut

ILUSTRASI. Pembangunan perumahan sederhana di Bogor, Jawa Barat.


INDUSTRI PROPERTI - JAKARTA. Setiap tahun harga rumah selalu mengalami peningkatan, ini membuat generasi millennial jadi mudah pesimis dalam meraih impiannya untuk memiliki hunian atau properti sendiri.

PT DMS Propertindo Tbk (KOTA) menyampaikan beberapa tips yang bisa diterapkan oleh millenial agar bisa memiliki rumah atau properti impiannya. Mohamad Prapanca, CEO DMS Propertindo mengatakan, pertama adalah, menabung autodebet untuk DP rumah. Ini adalah tips pertama yang mungkin sudah sering didengar. 

Menurut berbagai sumber, kesulitan utama para millenial adalah membayar uang muka sebagai syarat KPR. Sementara itu, saat ini hampir tidak mungkin beli rumah tanpa bantuan kredit dari bank. Karenanya mengumpulkan uang muka harus jadi prioritas utama. 

Baca Juga: Ini penyebab PTPP kena denda Rp 1 miliar dari KPPU

“Langkah paling mudah mengumpulkan DP (down payment) adalah dengan melakukan autodebet penghasilan bulanan. Jadi, saat pertama kali terima gaji sisihkan uangnya secara otomatis pada tabungan khusus DP. Jangan tunda menabung di akhir bulan saat sisa gaji hanya tinggal sedikit karena itu hanya akan menyulitkan Anda,” ujar Prapanca dalam siaran resmi, Kamis (11/2) 

Kedua, menabung dalam bentuk deposito atau tabungan emas. Prapanca mengungkapkan, menabung di rekening deposito atau menabung dalam bentuk tabungan emas bisa jadi pilihan. Dengan tabungan emas atau deposito, maka bisa lebih disiplin saat menabung. Uang terasa lebih aman karena tidak bisa ditarik sewaktu-waktu. 

Menurutnya, saat ini ada banyak produk perbankan seperti deposito berjangka, deposito online dengan jangka waktu fleksibel mulai dari 3, 6, 12, hingga 24 bulan. Anda bisa pilih sendiri jangka waktu sesuai dengan target waktu yang diinginkan. 

“Ketiga, cari DP rumah yang bisa dicicil. Nilai DP rumah saat ini bisa dibilang cukup tinggi, disarankan Anda memilih rumah dengan DP yang bisa dicicil. Persaingan harga properti di pasar membuat banyak developer memberikan iming-iming promo seperti DP dicicil dalam jangka waktu tertentu. Program DP cicilan ini bisa membantu Anda yang memiliki dana terbatas,” tambahnya.

Baca Juga: Marketing sales Kawasan Industri Jababeka (KIJA) capai Rp 899 miliar di tahun lalu

Keempat, membeli rumah sesuai kebutuhan. Setelah fokus mengumpulkan uang untuk DP, tips selanjutnya adalah memilih properti yang sesuai dengan kebutuhan. "Bila Anda berstatus single, bisa memilih rumah minimalis tipe 21 atau 36. 

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru