Mengoptimalkan Dana untuk Belajar Bahasa Inggris di EF Efekta, Begini Caranya

Jumat, 18 Oktober 2024 | 17:00 WIB   Reporter: Francisca Bertha Vistika
Mengoptimalkan Dana untuk Belajar Bahasa Inggris di EF Efekta, Begini Caranya

ILUSTRASI. Metode pembayaran yang fleksibel untuk membantu siswa belajar bahasa Inggris di EF Efekta


TIPS KEUANGAN - Salah satu kendala utama dalam belajar bahasa Inggris adalah biaya. Banyak orang yang ingin belajar bahasa Inggris menjadi ragu karena mempertimbangkan biayanya. Namun, sebenarnya ada program yang bisa dimanfaatkan, seperti yang EF Efekta tawarkan.

Banyak individu memanfaatkan kesempatan untuk bergabung dengan EF Efekta guna meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mereka.

Salah satu contoh adalah Lydia, karyawan swasta, yang bergabung dengan EF Efekata di 2020 silam selama 1,5 tahun. Menurutnya, EF Efekta, dengan berbagai programnya, mampu menyesuaikan kebutuhan belajar dia. 

Lydia juga sependapat, dana yang terkadang membuat orang ragu meningkatkan kemampuan skill bahasa Inggrisnya. Baginya, memang dana menjadi faktor penting dalam proses pembelajaran termasuk di EF Efekta.

"Kursus di EF memang butuh investasi khusus, tetapi, menurut saya, itu sesuai dengan manfaat yang didapat," kata Lydia yang terakhir berada di grade Upper Intermediet EF Efekta.

Baca Juga: EF EFEKTA English for Adults Luncurkan Program SPIN

Lidya menilai, kualitas pengajaran dan berbagai fasilitas yang disediakan EF Efekta sebanding dengan biaya yang harus dikeluarkan. 

Salma, yang baru bergabung di EF Efekta selama tiga bulan terakhir, juga mempertimbangkan dana. Apalagi, Salma yang bekerja di salah satu instansi pemerintahan baru saja setahun ini memperoleh pendapatan.

Alhasil, orang tuanya yang memberikan dukungan secara finansial untuk mengikuti EF Efekta

"Selain itu, apabila kita tertarik dengan EF, nantinya akan ada sesi konsultasi terkait durasi belajar dan biaya yang kita bayarkan. Mungkin setelah dari situ kita bisa mulai melakukan perhitungan agar cash flow yang sudah berjalan tidak terganggu," ungkap Salma.

Stefany Yacop, Marketing Director EF Efekta, membenarkan hal itu. EF Efekta menawarkan berbagai metode pembayaran bagi mereka yang ingin belajar tetapi terkendala biaya.

Baca Juga: EF Efekta Berkolaborasi dengan AJI Jakarta Berikan Program Scholarship Bagi Jurnalis

"Dari bank transfer hingga berbagai jenis cicilan kartu kredit dengan bunga 0% yang akan disesuaikan dengan program yang diambil dan beberapa kombinasi pembayaran," jelas Stefany.

Agustina Fitria, perencana keuangan, menyampaikan, tak ada salahnya menyisihkan uang untuk bisa meningkatkan kemampuan di antaranya belajar bahasa Inggris. Dana tersebut bisa diambil dari penghasilan bulanan atau non-bulanan. 

"Untuk anggaran peningkatan skill, bisa dialokasikan 5%-10% dari penghasilan bulanan. Selain itu, bisa juga dialokasikan dari penghasilan non-bulanan seperti bonus, THR, atau ditabung dulu dari penghasilan bulanan," sarannya.

Dengan meningkatkan skill, Fitria beranggapan, bisa membuka peluang baru dalam karir ataupun peluang dalam sisi kenaikan pendapatan. 

"Upgrade skill akan sangat membantu utk meningkatkan karier seseorang, baik karyawan maupun professional," ungkapnya. 

Selanjutnya: Mulai Bulan Ini Dana Pensiun Tak Lagi Bisa Dicairkan Sebelum 10 Tahun

Menarik Dibaca: 25 Ucapan Hari Osteoporosis Sedunia 2024 untuk Kesadaran Kesehatan Tulang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Francisca bertha

Terbaru