Lain-Lain

Mau tahu biaya perawatan pasien Covid-19, simak yuk

Senin, 29 Juni 2020 | 16:40 WIB   Reporter: Adi Wikanto
Mau tahu biaya perawatan pasien Covid-19, simak yuk

ILUSTRASI. A patient is being seen to at the intensive care unit at Bispebjerg Hospital in Copenhagen, Denmark May 7, 2020. Picture taken May 7, 2020. Ritzau Scanpix/via REUTERS ATTENTION EDITORS - THIS IMAGE WAS PROVIDED BY A THIRD PARTY. DENMARK OUT. NO COMMERCIAL

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Pandemi virus corona di Indonesi sudah berlangsung empat bulan, tapi sejauh ini belum ada tanda-tanda menunjukkan garis akhir. Jumlah terinfeksi virus corona pun semakin banyak karena meremehkan pencegahan penyebaran Covid-19. Padahal, virus corona sangat menular dan biaya pengobatannya sangat mahal.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 mengumumkan update corona di Indonesia hingga Senin (29/6) ada tambahan 1.082 kasus baru yang terinfeksi virus corona. Dengan demikian di Indonesia ada 54.010 kasus positif virus corona.

Baca juga: Cara bedakan batuk dan pilek karena alergi dengan gejala corona pada anak-anak

Dari update corona terbaru tersebut, jumlah yang meninggal akibat virus corona di Indonesia bertambah 51 orang menjadi sebanyak 2.805 orang. Sementara untuk jumlah yang sembuh bertambah 864 orang sehingga menjadi sebanyak 23.800 orang.

Presiden Joko Widodo menetapkan pandemi virus corona (Covid-19) sebagai bencana nasional. Pemerintah akan membayar seluruh biaya pengobatan corona baik rawat inap di rumah sakit maupun rawat jalan.

Meski begitu, setiap orang seharusnya tidak meremehkan virus corona. Mengingat biaya pengobatan corona mahal.

Kementerian Keuangan (Kemkeu) telah membuat satuan biaya penggantian atas biaya pengobatan corona tersebut. Satuan biaya pengobatan corona tersebut tertuang dalam lampiran Surat Menteri Keuangan Nomor S-275/MK.02/2020 tertanggal 6 April 2020.

Surat ini sebagai pedoman pihak rumah sakit mengajukan klaim ke Kementerian Kesehatan untuk mengganti biaya pengobatan corona / pasien Covid-19. Surat ini membatasi besaran nilai top tup per hari untuk menghitung tarif klaim pasien rawat inap.

Untuk pasien Covid-19 tanpa komplikasi, biaya perawatan pasien corona di ruang ICU dengan ventilator Rp 15,5 juta per hari dan tanpa ventilator Rp 12 juta per hari. Lalu biaya perawatan pasien corona di ruang isolasi tekanan negatif dengan ventilator Rp 10,5 juta, tanpa ventilator Rp 7,5 juta. Sedangkan biaya perawatan pasien corona di ruang isolasi non tekanan negatif dengan ventilator Rp 10,5 juta per hari dan tanpa ventilator Rp 7,5 juta per hari.

Baca juga: Kemenaker lelang mobil bekas di Jakarta, ada Avanza, Kijang Grand dan Vios

Untuk pasien Covid-19 dengan komplikasi, biaya perawatan pasien corona di ruang ICU dengan ventilator Rp 16,5 juta per hari dan tanpa ventilator Rp 12,5 juta per hari. Lalu biaya perawatan pasien corona di ruang isolasi tekanan negatif dengan ventilator Rp 14,5 juta, tanpa ventilator Rp 9,5 juta. Sedangkan biaya perawatan pasien coronadi ruang isolasi non tekanan negatif dengan ventilator Rp 14,5 juta per hari dan tanpa ventilator Rp 9,5 juta per hari.

Yuk, lakukan pencegahan dari penularan virus corona dengan menggunakan masker dan rajin cuci tangan. Jangan lupa tetap jaga jarak.

 

Editor: Adi Wikanto


Terbaru