Mau sejahtera? Buat perencanaan keuangan sejak dini

Senin, 16 Mei 2011 | 10:10 WIB   Reporter: Cipta Wahyana

JAKARTA. Planning or Nothing! KONTAN kembali mengangkat tema ini dalam acara bincang-bincang (talkshow) KONTAN Share & Learn yang digelar di marketing gallery Astra Peugeot, Sunter, Sabtu lalu (14/5). Kali ini, KONTAN mengemas KONTAN Share & Learn sebagai bagian rangkaian acara menuju Indonesia Financial Expo & Forum 2011 (IFEF 2011).

Di awal acara, Eko Endarto, Financial Planner dari Financia Consulting, mengingatkan para peserta talkshow agar menyusun perencanaan keuangan sejak dini. Perencanaan ini sangat penting mengingat pendapatan seseorang terbatas, sementara pengeluaran tak terbatas.

Financial planning akan membantu individu atau keluarga dalam mengalokasikan pendapatan atau aset untuk mencapai tujuan-tujuan keuangan di masa depan. Misalnya, perencanaan akan membantu keluarga agar fokus dalam menyiapkan biaya pendidikan buah hati, menyiapkan dana pensiun kepala keluarga, dana pelesir ke luar negeri, atau bahkan sekedar menyiapkan dana pembelian mobil.

Tanpa perencaan keuangan, kemungkinan besar, tujuan-tujuan keuangan itu akan sulit tercapai. Karena itu, perencanaan keuangan merupakan keharusan bagi setiap individu atau keluarga jika mereka ingin hidup sejahtera di masa mendatang.

Di sesi kedua, giliran Wendy Isnandar, Direktur PT Mandiri Manajemen Investasi (MMI) membagikan pengetahuan tentang seluk-beluk reksadana. Sebagai salah satu alat atau instrumen investasi untuk mencapai tujuan-tujuan keuangan reskadana menawarkan tiga kelebihan bagi investor, yakni mudah, murah, dan memberikan hasil yang meriah (tinggi).

Reksadana menawarkan kemudahan karena investor bisa berinvestasi di instrumen saham, obligasi, Sertifikat Bank Indonesia (SBI), dan berbagai instrumen lain tanpa harus repot menguasai seluk-beluk instrumen-instrumen investasi itu secara mendalam. Pasalnya, lewat reksadana, investor menyerahkan pengelolaan dananya kepada para ahli strategi investasi yang dimiliki oleh perusahaan manajer invetasi (MI).

Sementara, reksadana murah karena investor bisa berinvestasi di produk ini dengan dana minimal. Jika berinvestasi di produk Mandiri Manajemen Investasi melalui Bank Mandiri, misalnya, investor cukup menyediakan dana investasi awal Rp 500.000. Selanjutnya, dalam setiap bulan berikutnya, lewat program installment plan, investor bisa investasi minimal Rp 100.000.

Menariknya, meski mudah dan murah, reksadana mampu memberikan keuntungan (return) jauh di atas bunga deposito perbankan dan bahkan di atas inflasi tahunan. Dengan fitur seperti ini, reksadana cocok menjadi keranjang investasi untuk mencapai tujuan-tujuan keuangan di masa mendatang.

Para peserta yang memenuhi marketing gallery Astra Peugeot tampak antusias mengingkuti KONTAN Share & Learn kali ini. Sesi tanya jawab juga belangsung sangat ramai. Maklum, KONTAN, Mandiri Manajemen Investasi, dan Astra Peugeot menyediakan hadiah-hadian menarik kepada peserta yang bertanya.

KONTAN Share & Learn kali ini ditutup dengan santap siang bersama. Setelah itu, para peserta yang penasaran memiliki kesempatan untuk menjajal (test drive) sedan terbaru keluaran Astra Peugeot, yakni Peugeot 207.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Cipta Wahyana

Terbaru