HOME

Mau beli emas Antam, tunggu harga turun lagi

Sabtu, 31 Oktober 2020 | 08:00 WIB   Reporter: Intan Nirmala Sari
Mau beli emas Antam, tunggu harga turun lagi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga emas Aneka Tambang (Antam) pada Jumat (30/10) berada di level Rp 992.000 per gram. Harga emas ini turun Rp 3.000 per gram dari hari sebelumnya. Sedangkan untuk harga buyback berada di level Rp 884.000 per gram. 

"Tahun ini kenaikan harga emas Antam sudah lumayan, jadi wajar jika banyak profit taking. Aksi ambil untuk ini yang buat harga turun, diimbangi dengan sentimen-sentimen yang kurang mendukung emas," kata Analis Global Kapital Investama Alwi Assegaf kepada Kontan.co.id, Jumat (30/10).

Alwi memprediksi harga emas batangan dalam negeri belum sanggup menembus level tertinggi tahun ini. Ini mengingat, persaingan dengan aset berisiko tinggi seperti saham, mampu menyurutkan minat masyarakat untuk mengoleksi emas. 

"Apalagi jika ada kabar positif terkait vaksin, itu akan menambah sentimen positif untuk aset risk on dan juga emas. Sementara pamor dolar AS bakal redup," imbuh dia. 

Baca Juga: Harga emas turun, investor baiknya bersikap wait and see

Hingga akhir tahun, Alwi memperkirakan tekanan emas masih akan berlanjut dengan level support US$ 1.760 per ons troi, dengan harga emas Antam di kisaran Rp 885.000 per gram. Momentum tersebut, menurut Alwi bisa dimanfaatkan investor untuk melakukan pembelian di harga rendah atau buy on weakness

Sedangkan untuk jangka panjang, harga emas Logam Mulia diyakini masih dalam tren bullish, dengan kisaran support di Rp 886.000 per gram hingga Rp 842.000 per gram di tahun depan. Sedangkan untuk resistance berpotensi kembali di Rp 1.056.000 per gram.

Baca Juga: Nasib logam mulia bergantung hasil pilpres AS di pekan depan

 

Editor: Wahyu T.Rahmawati


Terbaru