Lima Tanda Anda Sudah Merdeka Finansial dan Simak Strategi Mencapainya!

Selasa, 22 Agustus 2023 | 06:44 WIB   Reporter: Sri Sayekti
Lima Tanda Anda Sudah Merdeka Finansial dan Simak Strategi Mencapainya!

ILUSTRASI. Reksadana.


TIPS KEUANGAN - Merdeka finansial bukan hanya menjadi milik mereka yang sudah terlahir dari keluarga kaya raya. Siapa pun yang memiliki penghasilan dan mampu mengelola keuangannya dengan tepat dan bijak juga berhak meraih kemerdekaan finansial.

Anda yang berstatus karyawan dengan penghasilan tetap setiap bulan, tentunya memiliki kemampuan mengukur kemampuan finansial sesuai cash flow bulanan. Jika Anda bercita-cita meraih kemerdekaan finansial saat sudah pensiun nantinya, maka sekarang waktu yang tepat menerapkan strategi keuangan agar Anda mampu mencapai angka target merdeka finansial Anda.

Menurut Sherly Sintia CFP, Assistant Consultant di ZAP Finance ada 5 tanda seseorang bisa dikategorikan sudah merdeka finansial. Berikut ini lima tanda merdeka finansial:

1.Tidak punya masalah cashflow bulanan

Anda yang telah merdeka finansial mampu memenuhi berbagai kebutuhan hidup tanpa harus bekerja secara aktif. Setiap bulan Anda sanggup membayar semua biaya operasional rutin seperti membeli makan, minum, transport, pulsa, internet, uang sekolah anak dan kebutuhan lainnya tanpa harus menunggu-nunggu tanggal muda atau tanggal gajian masuk.

Cara membuat anggaran bulanan rumah tangga dengan membagi 3 rekening yang berbeda yakni untuk pos living sebesar 50%, pos saving 30% dan pos playing 20%.

Cash flow bulanan Anda senantiasa positif, artinya pemasukan lebih besar ketimbang pengeluaran.

2.Bebas dari utang konsumtif

Hampir semua generasi dari mulai milenial hingga baby boomers sepakat bahwa mereka merasa sudah merdeka finansial jika tidak lagi pusing membayar cicilan pinjaman. Bebas stress terhadap keuangan dan jeratan utang. Patut diingat bahwa setiap pengeluaran, pertimbangkan apakah termasuk butuh atau sekedar ingin.

Jika masih ada cicilan pinjaman, maka pastikan bahwa keseluruhan cicilan pinjaman adalah 30% dari pemasukan.

3.Siap dengan Dana Darurat

Kondisi darurat adalah kondisi yang tidak direncanakan tetapi terjadi dan berpengaruh terhadap sikon finansial Anda. Seperti musibah kecelakaan, sakit berat, kemalingan atau Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Karena itu merdeka finansial berarti sudah siap dengan berbagai kondisi darurat.

Jika saldo Dana Darurat cukup maka tentunya lebih tenang menghadapi sikon darurat yang kapan saja bisa terjadi. Dana Darurat wajib Anda miliki setidaknya 3 kali pengeluaran bulanan bagi Anda yang masih lajang. Sedang bagi Anda yang sudah berkeluarga dengan 2 orang tanggungan setidaknya memiliki 6 kali pengeluaran bulanan dan 12 kali pengeluaran bulanan bagi Anda yang memiliki tanggungan lebih dari 3 orang.

4.Punya rumah tinggal milik sendiri
Sandang, pangan dan papan adalah kebutuhan pokok. Nah, terkait papan atau tempat tinggal bagi yang merdeka finansial adalah sudah memiliki tempat tinggal milik sendiri baik berupa rumah atau apartemen. Jika saat ini Anda masih menyewa apartemen atau kontrak rumah, maka Anda belum masuk kategori merdeka finansial.

Jika Anda masih berencana membeli rumah atau apartemen, maka sebagai pedoman terkait kisaran harga yang bisa Anda jangkau adalah 5 kali penghasilan setahun.

5.Punya tabungan dan investasi masa depan
Seseorang yang merdeka finansial memiliki tabungan dan investasi masa depan yang akan mampu menjamin keuangannya di masa depan.

Jika Anda hendak mencapai cita-cita kemerdekaan finansial, maka diperlukan strategi investasi yang tepat, agar dana yang Anda alokasikan memberikan imbal hasil yang memadai, namun juga tetap sesuai dengan profil risiko Anda sebagai investor.

a. Menghitung angka target merdeka finansial

Merdeka finansial itu bisa dicapai dengan cara yang terukur. Salah satu cara menghitung angka target merdeka finansial ada 2 cara :
1.versi  4% rules trinity study :
300 x pengeluaran rutin bulanan

Misal pengeluaran bulanan Rp 5 juta, maka angka target merdeka finansial adalah
 300 x Rp 5.000.000 = Rp 1.500.000.000

2.Versi komprehensif dengan menghitung memakai kalkulator perencanaan keuangan
Sherly mencontohkan menghitung menggunakan kalkulator keuangan di ZAP Finance sebagai berikut:

 

b.Tentukan strategi investasinya untuk mencapai Rp1,5 Miliar di 20 tahun mendatang.

c.    Dari modal investasi Rp1,5 Miliar simpan di Obligasi Pemerintah, jadi penghasilan pasif setiap bulan.

Strategi investasi di atas diasumsikan bagi Anda yang saat ini berusia sekitar 30 tahun dan masih memiliki waktu 20 tahun untuk mencapai usia pensiun.

Jadi saat angka target merdeka finansial berhasil dicapai saat Anda pensiun nanti, maka Anda akan menempatkan dana hasil investasi sebelumnya ke dalam obligasi pemerintah yang tentunya minim risiko dan dijamin aman. Imbal hasil obligasi menjadi penghasilan pasif setiap bulan bagi Anda.

Semoga strategi investasi di atas bisa membantu Anda menata portolio investasi Anda menuju kemerdekaan finansial.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

Terbaru