Uang

Kurs dollar rupiah hari ini: Masih bertahan di level Rp 14.000

Selasa, 16 Juni 2020 | 05:00 WIB   Reporter: Intan Nirmala Sari
Kurs dollar rupiah hari ini: Masih bertahan di level Rp 14.000

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kurs dollar rupiah hari ini masih akan bertahan di level Rp 14.000. Pada perdagangan kemarin, rupiah spot ditutup menguat 0,13% ke posisi Rp 14.115 per dollar AS dari hari sebelumnya. 

Sedang di kurs tengah Bank Indonesia (BI) atau kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR), rupiah kemarin menguat 0,2% atau 29 poin menjadi Rp 14.228 per dollar AS dibanding sehari sebelumnya.

Ekonom Bank Permata Josua Pardede mengatakan, rupiah kemarin berhasil menguat tipis di saat sebagian besar mata uang Asia bergerak melemah terhadap dollar AS. 

Baca Juga: Ada risiko gelombang kedua Covid-19, besok rupiah berpotensi melemah tipis

Dollar negeri uak Sam perkasa atas mata uang Asia lantaran peningkatan risiko gelombang kedua virus corona baru, tercermin dari kenaikan kasus di Amerika Serikat (AS) dan China khususnya di Beijing.

"Sentimen second wave COVID-19 tersebut mendorong pelemahan yuan China terhadap dollar AS, yang diikuti oleh pelemahan sebagian besar mata uang Asia lainnya," kata Josua kepada Kontan.co.id, Senin (15/6).

Sementara pasar saham regional Asia bergerak koreksi dan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mengikuti dengan melemah 1,3% ke level 4.816. Selain itu, investor global juga gencar memburu safe haven asset, seperti US treasury, yen Jepang, dan franc Swiss. 

Baca Juga: Rupiah berpeluang melemah pada Selasa (16/6) karena sejumlah penyebab berikut

Di sisi lain, meski rilis data neraca perdagangan Indonesia pada Mei mencatat surplus US$ 2,09 miliar, belum mendorong sentimen membaik sepenuhnya. Apalagi, pendorong surplus kebanyakan dari penurunan laju impor yang cukup dalam.

"Ini mengindikasikan, aktivitas perekonomian domestik cenderung melambat signifikan," ujar Josua. 

Bergerak di rentang...

Editor: S.S. Kurniawan


Terbaru