Kenali Asuransi Jiwa, Manfaat, dan Tips Memilih Asuransi Jiwa yang Tepat

Jumat, 16 September 2022 | 16:06 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Kenali Asuransi Jiwa, Manfaat, dan Tips Memilih Asuransi Jiwa yang Tepat

ILUSTRASI. Asuransi Jiwa


KONTAN.CO.ID - Asuransi adalah salah satu bentuk persiapan dan perlindungan terhadap segala kemungkinan buruk dalam hidup. Nah, salah satu produk asuransi yang bisa dipilih adalah asuransi jiwa untuk memproteksi berbagai kerugian finansial di masa yang akan datang.

Asuransi jiwa dapat memberikan keuntungan finansial saat pencari nafkah utama meninggal, sakit, atau menderita cacat tetap total maupun sebagian akibat kecelakaan atau penyakit.

Agar memberikan perlindungan maksimal, sebaiknya cari produk asuransi yang menawarkan uang pertanggungan tinggi dengan premi terjangkau. Salah satunya asuransi jiwa Sun Proteksi Jiwa yang memiliki kategori tersebut.

Sementara itu, jika Anda tengah mencari asuransi kesehatan, maka ketahui terlebih dahulu daftar asuransi kesehatan agar bisa mendapatkan proteksi yang sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial. Hal itu penting untuk diketahui agar kehidupan lebih tenang dan aman.

Baca Juga: AISI Optimistis Penjualan Sepeda Motor Tahun 2022 Bisa Menembus 5,4 Juta Unit

Manfaat Asuransi Jiwa

Ada banyak manfaat produk asuransi jiwa yang penting untuk Anda ketahui. Dirangkum dari keterangan resmi Lifepal, berikut ini adalah manfaat asuransi jiwa: 

1. Santunan untuk cacat tetap sebagian

Santunan untuk cacat tetap sebagian akan diberikan jika tertanggung mengalami cacat yang tetap sebagian. Misalnya, ada sebagian anggota tubuh tidak berfungsi, seperti lumpuh kaki atau lumpuh tangan.

Uang pertanggungan yang nanti akan diberikan merupakan proporsional berdasarkan pada kerugian.

Baca Juga: Klaim Askrindo dan Jamkrindo Rawan Jika Tak Ada Suntikan Modal

2. Santunan untuk cacat tetap total

Santunan untuk cacat tetap total akan diberikan jika tertanggung mengalami cacat tetap secara total yang menyebabkan tidak bisa bekerja. Santunan ini biasanya akan diberikan sebanyak 100 % uang pertanggungan.

3. Santunan untuk meninggal dunia

Santunan meninggal dunia akan diberikan jika tertanggung meninggal dunia. Biasanya tunjangan yang diberikan sebanyak 100%, bahkan lebih dari uang pertanggungan.

4. Manfaat lain

Selain mendapatkan santunan-santunan tersebut, jaminan finansial dari asuransi jiwa bisa memberikan beragam manfaat lain , di antaranya:

  • Dapat mengelola keuangan untuk keluarga
  • Bisa menjamin pendidikan anak
  • Untuk memastikan kelangsungan kehidupan keluarga tercinta
  • Dapat memberi rasa aman
  • Bisa melindungi ahli waris agar terbebas dari beban finansial.

Baca Juga: Industri Asuransi Umum Kedatangan Investor Asing Lagi

Tips memilih asuransi jiwa yang tepat

Setelah mengenali manfaat asuransi jiwa, maka ada sejumlah tips memilih asuransi jiwa yang tepat yang dapat Anda terapkan. Salah satunya adalah dengan memeriksa kesehatan keuangan pada laporan tahunan perusahaan. 

Sebab, perusahaan dengan kondisi keuangan yang paling sehat akan memberikan jaminan kesanggupan melunasi seluruh klaim para nasabahnya. Selain itu, berikut adalah beberapa tips memilih asuransi jiwa yang tepat:

1. Ketahui kebutuhan Anda

Sebelum memutuskan untuk membeli produk asuransi, hal paling utama yang harus dilakukan adalah melihat pada kebutuhan yang ingin dipenuhi. 

2. Ketahui produk asuransi yang sesuai

Untuk memiliki salah satu produknya, maka Anda wajib mengenali terlebih dahulu produk yang ingin dibeli. 

Baca Juga: Investor Asing Masih Bidik Asuransi Lokal

3. Ketahui kemampuan Anda

Meskipun ada banyak pilihan produk asuransi, bukan berarti Anda harus memiliki semuanya. Melainkan, Anda harus mengetahui kemampuan dan perencanaan keuangan. 

Hal paling penting sebelum memutuskan memiliki lebih dari 1 polis asuransi adalah pastikan telah memenuhi kebutuhan utama terlebih dahulu agar anggaran asuransi jiwa tidak mengganggu kebutuhan lainnya. 

Ada baiknya memilih asuransi jiwa dengan premi relatif rendah yang tentunya memiliki manfaat secara maksimal.

4. Cari informasi mengenai apa saja manfaatnya

Cari informasi mengenai apa saja manfaat suatu produk asuransi jiwa sedalam mungkin. Hal ini untuk mengetahui berbagai manfaat maupun proteksi yang akan diperoleh.

Selain itu, Anda juga perlu mengetahui apa saja yang tidak dapat ditanggung oleh pihak asuransi. Perhatikan juga kredibilitas dari perusahaan asuransi jiwa terkait, agar ke depannya tidak dikecewakan oleh pihak asuransi.

Baca Juga: Miliarder yang Sukses Mendirikan Modal Ventura dan Memburu Startup

5. Pilihlah produk asuransi dengan layanan terbaik

Pilihlah perusahaan asuransi yang memiliki layanan terbaik. Misalnya mengenai layanan pelanggan selama 24 jam yang diberikan oleh perusahaan asuransi. 

Selain itu, pastikan juga suatu perusahaan asuransi yang dipilih mempunyai reputasi dan kinerja keuangan yang baik. Serta, pastikan perusahaan tersebut sudah terdaftar di AAJI dan OJK.

6. Perhatikan kredibilitas perusahaan asuransi jiwa

Mengetahui kredibilitas perusahaan asuransi jiwa menjadi hal yang tak kalah penting. Sebab, sifat perjanjian asuransi jiwa berjangka panjang, hingga kredibilitas tersebut sangat penting diperhatikan
.
Anda bisa memperhatikan pengelolaan dan kinerja dari perusahaan asuransi yang dipilih, dan pastikan perusahaan itu tidak bermasalah. Selain itu, Anda juga bisa melihat laporan keuangan dan rating dari para nasabahnya.

Baca Juga: Bunga KPR Bakal Naik, Segera Manfaatkan Promo yang Masih Ditawarkan Bank

7. Periksalah keamanan dan privasi asuransi jiwa

Saat ini banyak asuransi jiwa yang disediakan secara online. Hal ini membuat Anda perlu memastikan seberapa ketat keamanan serta privasi data yang dijaga oleh perusahaan asuransi jiwa terkait.

Jika masih ragu dengan perusahaan asuransi tertentu, Anda bisa menghubungi customer care yang ada di perusahaan tersebut.

Demikian penjelasan mengenai tips memilih asuransi jiwa dan manfaat asuransi jiwa yang perlu Anda ketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru