Kaum milenial, begini tips dan cara mengatur keuangan di kala pandemi Covid-19

Selasa, 20 Oktober 2020 | 14:28 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Kaum milenial, begini tips dan cara mengatur keuangan di kala pandemi Covid-19

ILUSTRASI. Kaum milenial, begini tips dan cara mengatur keuangan di kala pandemi Covid-19. KONTAN/Cheppy A. Muchlis


MENATA KEUANGAN - JAKARTA. Pandemi Covid-19 memberikan banyak waktu untuk menata kembali kondisi keuangan. Salah satunya bagi kaum milenial, mereka dapat  berhenti sejenak untuk mengevaluasi gaya hidup dan kebiasaan belanja.

Meskipun COVID-19 akan terus berdampak negatif secara global, beberapa keputusan cerdas dapat membantu kaum milenial agar mampu menjaga keuangan yang sehat.

Kontan.co.id menghimpun tips mengatur keuangan bagi kaum milenial saat terjadi Pandemi Covid-19.

Baca Juga: 5 Tips cara berhemat ala miliarder dunia, bisa dicontoh semua orang

Mengutip dari situs Financialexpress.com simak tipsnya untuk kaum milenial sebagai berikut:

1. Evaluasi ulang anggaran

Cara mengatur keuangan kaum milenial yang pertama yakni melakukan evaluasi anggaran. Penting untuk mengevaluasi kembali anggaran dan memprioritaskan pengeluaran sesuai relevansi dan tujuan keuangannya. Kaum milenial perlu mendefinisikan dan mengetahui dengan jelas perbedaan antara barang-barang yang diperlukan dan barang mewah.

Sehingga, kaum milenial dapat mengambil keputusan untuk menghindari belanja barang-barang mewah untuk sementara waktu. Dengan banyaknya kebutuhan dan keinginan yang muncul secara bersamaan, sangat penting bagi milenial dalam mengambil keputusan matang. Hal tersebut berguna untuk menjaga stabilitas keuangan sampai ancaman Pandemi Covid-19 mereda.

2. Ambil pinjaman pribadi, lunasi seluruh tagihan

Cara mengatur keuangan bagi kaum milenial yakni menghapus kewajiban yang tertunda seperti beberapa tagihan kartu kredit dengan mengambil pinjaman pribadi (personal loan).

Ketika masih memiliki banyak tagihan kartu kredit prioritaskan untuk melunasi tagihan tersebut. Kaum milenial dapat melakukan satu pinjaman yang dapat menghindari bunga kartu kredit semakin membengkak.

Kaum milenial dapat mengambil pinjaman baru seperti pada kerabat bisa menjadi salah satu untuk mengurangi beban bunga kartu kredit yang semakin membengkak. Sehingga kaum milenial dapat berfokus pada satu hutang saja.

Baca Juga: Begini modus penipuan perbankan dan cara menghindarinya

3. Diversifikasikan sumber penghasilan

Cara mengatur keuangan kaum milenial selanjutnya yakni mendiversifikasikan sumber penghasilan. Ketika kaum milenial hanya mengandalkan satu sumber penghasilan tentu dapat menjadi ancaman besar. Terutama ketika krisis saat Covid-19 menghalangi dan mengurangi kesempatan untuk bekerja.

Penting bagi kaum miilenial untuk membangun keterampilan dan mengembangkan pengetahuannya. Kaum milenial perlu berpikir bagaimana dapat memanfaatkan keterampilan tersebut untuk memunculkan sumber penghasilan tambahan seperti memulai bisnis atau bekerja sebagai konsultan pribadi.

Penting untuk mengubah pola berpikir agar keahlian kaum milenial dapat menghasilkan uang. Sehingga kaum milenial berhasil mendiversifikasi sumber pendapatan mereka.

Selanjutnya: Kesulitan menabung dengan menyisihkan uang? ini cara dan tips untuk mengatasinya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru