HOME

Jangan lupa mengevaluasi portofolio

Jumat, 15 April 2016 | 13:15 WIB   Reporter: Sri Sayekti
Jangan lupa mengevaluasi portofolio

JAKARTA. Anda sudah mulai menyiapkan dana pensiun? Bagus. Jangan lupa, pastikan juga Anda selalu berinvestasi secara rutin.

Lalu, setelah mulai menabung dan menyisihkan uang untuk pensiun, hal penting yang harus Anda lakukan adalah melakukan evaluasi portofolio investasi secara berkala. “Setiap empat bulan atau enam bulan sekali perlu evaluasi,” jelas Eko Endarto, perencana keuangan dari Financia Consulting. Evaluasi ini penting untuk mengecek apakah imbal hasil yang diperoleh sesuai target atau justru lebih rendah.

Jika imbal hasil menurun, karena pasar memang sedang turun, Anda tak perlu memindahkan investasi. Tetapi jika imbal hasil menurun, sedang pasar sedang naik, maka Anda harus mencari alternatif. “Bisa jadi pilihan produk saja yang kurang tepat, tetapi jenis produk sudah sesuai,” ujar Aidil Akbar, perencana keuangan dari Akbar Financial Check Up.

Salah satu indikator yang wajib diperhatikan saat evaluasi adalah inflasi. Agar perhitungan Anda tidak meleset gara-gara kurang tepat memprediksi inflasi, Aidil menyarankan untuk menggunakan asumsi inflasi lebih tinggi dari inflasi sebenarnya. “Biasanya patokan inflasi yang dipakai antara 12% hingga 15%,” jelas Aidil.


Editor: Harris Hadinata


Terbaru