Jangan Boros, Ini Cara Tepat Mengelola THR dari Dosen UM Surabaya

Kamis, 21 April 2022 | 15:52 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Jangan Boros, Ini Cara Tepat Mengelola THR dari Dosen UM Surabaya

ILUSTRASI. Jangan Boros, Ini Cara Tepat Mengelola THR dari Dosen UM Surabaya. ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho/wsj.


KONTAN.CO.ID - Surabaya. Anda sudah mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR) 2022? Jika sudah, jangan terlalu boros untuk membelanjakan kebutuhan Lebaran. 

Momen Lebaran memang menjadi momen yang membahagiakan khususnya umat muslim. Tidak jarang masyarakat yang mendapatkan THR kemudian membelanjakannya secara berlebihan.

THR sendiri, bersumber dari situs Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya, diberikan kepada pekerja yang bekerja di perusahaan atau instansi tertentu. 

Karenanya penting bagi penerima THR untuk mengelolanya dengan baik sehingga tidak boros. Meskipun THR bisa dikatakan sebagai bonus sehingga bebas digunakan untuk kebutuhan lain tanpa adanya kontrol tertentu karena didapat di luar dari gaji utama. 

Agar tidak boros, dosen Ekonomi UM Surabaya, Fatkur Huda, memberikan tips cara mengelola dana THR yang tepat. 

Baca Juga: Tips Bijak Mengelola Keuangan Jelang Mudik Lebaran dari Pakar UGM

Cara mengelola dana THR yang tepat

Lebih lanjut Fatkur menjelaskan beberapa cara untuk mengelola uang THR agar tidak cepat habis. 

“Pertama yang harus dilakukan adalah membuat pos keuangan, perlu adanya rincian terkait dengan kebutuhan yang akan dialokasikan dalam menyambut hari lebaran,” ucapnya seperti dikutip dari situs UM Surabaya.

Dalam mengalokasikan kebutuhan Lebaran, seseorang harus tetap membedakan antara THR dan gaji bulanan. 

Hal ini dikarenakan alokasi gaji bulanan tetap ditujukan untuk memenuhi kebutuhan bulanan seperti yang sudah direncanakan tiap bulannya. 

Sedangkan pos kebutuhan THR bisa dialokasikan untuk kebutuhan membayar zakat, baik zakat fitrah maupun zakat penghasilan, fidiyah maupun sedekah, kebutuhan mudik, perlengkapan makanan sajian saat lebaran dan perlengkapan busana atau ibadah.

“Kedua  atur prioritas, dalam mengatur kebutuhan perlu adanya prioritas yang direncanakan mulai dari kebutuhan yang sifatnya wajib, butuh atau ingin. Upaya mengatur prioritas ini dimaksudkan agar dalam mengalokasikan kebutuhan dapat menyesuaikan nominal THR yang diterima,” imbuh Fatkur. 

Selanjutnya adalah membayar tagihan jika memiliki hutang. Dana THR sangat tepat digunakan untuk mengurangi beban tanggung jawab finansial seperti hutang sehingga Anda lebih tenang dan nyaman setelah Lebaran. 

Baca Juga: Jalur Ujian Mandiri Undip Tahun 2022 Sudah Dibuka, Ini Syarat dan Cara Daftarnya

Alokasikan juga THR Anda ke dalam investasi atau tabungan. Anda bisa menyisihkan 10-20 persen THR sebagai dana cadangan untuk kebutuhan masa depan. 

Dana cadangan tersebut bisa dalam bentuk investasi atau tabungan yang bisa dimanfaatkan di kemudian hari. 

Tips selanjutnya adalah mengalokasikan THR untuk dana darurat. Saat Anda mendapatkan THR, sisihkan sebagian dana tersebut untuk dana darurat sebagai persiapan apabila terjadi sesuatu yang tak terduga.

“Karena kita tidak dapat memperkirakan apa yang akan terjadi di kemudian hari sehingga membutuhkan alokasi dana khusus untuk menyelesaikannya,” tambah Faktur. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru