Inilah permainan yang bisa untuk belajar perencanaan keuangan

Kamis, 02 Juli 2020 | 10:27 WIB Sumber: Money Crashers
Inilah permainan yang bisa untuk belajar perencanaan keuangan

ILUSTRASI. Monopoly merupakan permainan yang digunakan untuk memahami fungsi uang. (The Guardians)


KONTAN.CO.ID - JAKARTA.  Uang merupakan materi yang digunakan sebagai alat tukar menukar dengan barang yang memiliki nilai yang sama. Di zaman yang semakin modern literasi tentang uang sangat diperlukan. Perencanaan keuangan menjadi salah satu kunci keberhasilan hidup.

Tentunya hal tersebut berkaitan dengan manajemen keuangan yang memuat cara mengatur dan mengelola uang dengan baik. Terlebih lagi kini banyak pilihan untuk menambah untuk melakukan manajemen uang tersebut.

Baca juga: Cara bedakan batuk dan pilek karena alergi dengan gejala corona pada anak-anak 

Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh kalangan baik anak-anak hingga orang dewasa adalah dengan permainan atau games soal manajemen uang. Di telinga sudah tidak asing lagi dengan nama-nama permainan berikut memiliki manfaat untuk menambah wawasan tentang uang khusunya pengetahuan dalam manajemen keuangan yang baik.

Melansir dari moneycrashers, ternyata permainan yang dilakukan oleh anak-anak hingga orang dewasa ini mampu meningkatkan literasi tentang uang.

1. Cashflow 101 

Salah satu game untuk dapat melatih dan melibatkan orang untuk memahami keuangan pribadi. Cashflow 101 memudahkan pemainnya untuk memahami prinsip arus kas dan mengembangkan pengetahuan soal investasi tentunya di dalam game menggunakan format bisnis real estate. Permainan ini di temukan oleh Robert T. Kiyosaki. 

Cashflow 101 dapat dimainkan oleh 6 pemain. 

Di dalam permainan tersebut, pemain dapat memahami 

  • fungsi dasar dari investasi.
  • Mengetahui perbedaan aset dan hutang
  • Mengetahui pentingnya laporan keuangan
  • Dasar dari akuntansi keuangan untuk pribadi.

Permainan ini memiliki 3 level yang disesuaikan dengan usia dan kemampuan. Cashflow kids untuk anak diatas 6 tahun, Cashflow 101 untuk usia di atas 14 tahun dan Cashflow 202 untuk memahami tingkat lanjut soal arus kas.

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru