Inilah bocoran harga iPhone 13, September nanti bakal diluncurkan

Selasa, 31 Agustus 2021 | 07:07 WIB   Reporter: kompas.com
Inilah bocoran harga iPhone 13, September nanti bakal diluncurkan

ILUSTRASI. Inilah bocoran harga iPhone 13, September nanti bakal diluncurkan


HARGA HP - Jakarta. Bocoran harga iPhone 13 sudah beredar di publik. Kapan iPhone 13 akan dirilis?

Mendekati bulan September, bocoran terkait kehadiran penerus iPhone 12 yang konon bakal dinamai iPhone 13, semakin santer beredar. Memang sudah menjadi rahasia umum, Apple memiliki tradisi merilis jajaran iPhone baru pada September setiap tahunnya.

Setelah bocoran spesifikasi dan tampang, kini giliran bocoran jadwal lengkap peluncuran dan penjualan iPhone 13 series yang tersiar di ruang maya. Menurut pembocor asal China @Pandalsbald, Apple akan meluncurkan empat model baru iPhone 13 series pada 14 September mendatang.

Adapun empat model iPhone yang diluncurkan, yaitu iPhone 13, iPhone 13 mini, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max. Kabar ini tersiar setelah @Pandalsbald menemukan empat model itu sudah terpajang di salah satu marketplace online di China.

Dalam tangkapan layar yang dibagikannya dalam sebuah posting di situs Weibo, iPhone 13 series akan mulai bisa dipesan pada 17 September.  Kemudian, penjualan perdana iPhone 13 akan mulai digelar pada 24 September. Bila benar, Apple diharapkan akan mulai menyebarkan undangan peluncuran kepada media seminggu sebelum pengumuman resmi, atau pada 7 September.

Baca juga: Catat, HP Android dan iPhone ini tak bisa lagi gunakan WhatsApp per 1 November 2021

Berdasarkan bocoran tersebut, maka timeline jadwal peluncuran dan penjualan iPhone 13, iPhone 13 mini, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max adalah sebagai berikut:

  • Undangan pers pada 7 September
  • Pengumuman iPhone 13 series pada 14 September
  • Pre-order iPhone 13 series pada 17 September
  • Penjualan perdana iPhone 13 series pada 24 September

Meski demikian, jadwal peluncuran ini masih berupa bocoran. Apple sendiri belum memberikan informasi resmi apapun soal kehadrian iPhone 13 series ini.

Meski belum dikonfirmasi Apple, YouTuber yang kerap memberi bocoran produk Apple dengan akurat, Jon Prosser, membenarkan bocoran jadwal dari @Pandalsbald itu. Sebelumnya, analis dari firma investasi asal AS Wedbush, Dan Ives juga memprediksi iPhone 13 series akan diluncurkan pada Selasa, 14 September.

Menurut Ives, hal ini mengingat Apple yang biasa mengadakan acara pada hari Selasa di bulan September.

Harga iPhone 13 bakal naik

Dari segi harga, Apple disebut-sebut bakal menaikkan harga iPhone 13 series. Kabarnya, penyebab kenaikan harga iPhone terbaru ini dikarenakan TSMC, pemasok chip untuk produk Apple ini meningkatkan biaya produksi chipset-nya.

Apple disinyalir akan menaikkan harga iPhone 13 series sebesar 20 persen pada Januari 2022, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GizmoChina, Minggu (29/8/2021). Harga iPhone 13 mini, menurut laporan TrendForce, konon akan dibanderol mulai 699 dollar AS atau sekitar Rp 10 juta (kurs Rp 14.400) untuk varian 64 GB.

Begitu pula dengan iPhone 13 reguler versi termurah kabarnya akan dijual dengan harga mulai dari 799 dollar AS (sekitar Rp 11,4 juta), sebagaimana iPhone 12 reguler. iPhone 13 Pro dan Pro Max versi termurah disebut akan dibanderol dengan harga 999 dollar AS (sekitar Rp 14,3 juta) dan 1.099 dollar AS (sekitar Rp 15,8 juta) sebagaimana model pendahulunya.

Untuk bocoran spesifikasi, jajaran iPhone 13 dikabarkan akan memiliki model ukuran yang sama dengan pendahulunya, iPhone 12 series. Kabar lainnya, iPhone 13 konon bakal tetap memiliki poni alias notch di atas layar. Hanya saja, ukurannya mungkin lebih kecil dibandingkan milik iPhone 12.

Ponsel ini juga disinyalir akan menggunakan chipset A15 Bionic yang diklaim lebih menghemat energi mampu meningkatkan performa. Baterai iPhone 13 konon dirancang sedikit lebih besar dari iPhone 12, yakni sebesar 4.352 mAh. Selain itu, ponsel terbaru Apple ini konon menawarkan kapasitas penyimpanan hingga 1 TB dengan RAM 8GB.

Itulah bocoran harga dan jadwal peluncuran iPhone 13. Jadi, siapkan uangmu jika ingin membeli iPhone 13.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kapan iPhone 13 Rilis dan Mulai Dijual, Ini Bocoran Jadwal dan Harganya",


Penulis : Galuh Putri Riyanto
Editor : Reza Wahyudi

 

Selanjutnya: Gaet pecinta produk Apple, Erajaya (ERAA) tebar promosi di iBoxing Week Online 2021

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru