Investasi

Ini cara mudah dan praktis membandingkan bunga deposito antarbank

Jumat, 12 Juli 2019 | 15:52 WIB   Reporter: Hasbi Maulana
Ini cara mudah dan praktis membandingkan bunga deposito antarbank

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sebagian orang masih menjadikan bunga deposito perbankan sebagai salah satu sumber pendapatan alternatif investasi. Ya, deposito bank masih menjadi instrumen investasi utama bagi sebagian orang.

Menyimpan uang dalam deposito memang menjanjikan beberapa kelebihan ketimbang instrumen investasi yang lain. Keunggulan utama deposito terletak pada aspek keamanan. 

Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), salah satu lembaga resmi pemerintah, menjamin dana masyarakat yang tersimpan dalam simpanan perbankan termasuk deposito.

Baca Juga: Melalui layanan internet banking, HSBC sajikan layanan transaksi e-SBN

Meski begitu, menyimpan uang ke dalam rekening deposito tetap perlu mempertimbangkan besar kecilnya suku bunga. Bunga deposito memang relatif kecil, tapi kita patut untuk cermat dan teliti membandingkan suku bunga deposito antara satu bank dengan bank yang lain.

Siapa tahu ada bank-bank tertentu yang sedang menawarkan bunga relatif lebih tinggi ketimbang yang lain. Jadi, meski relatif, kecil tidak salah juga kalau kita berharap mendapat imbal hasil maksimal.

Baca Juga: Kehadiran SBR bisa menganggu pendanaan yang didapat perbankan

Bagi Anda yang masih rutin menyimpan uang di deposito, ada cara mudah untuk membandingkan tingkat bunga deposito antar bank dengan sekali pandang. Dengan begitu Anda tidak akan malas untuk mencari peluang terbaik mendapatkan imbal hasil.

Caranya adalah dengan mengakses laman Pusat Data KONTAN, kanal Bunga Deposito: (pusatdata.kontan.co.id/bungadeposito).

Di laman itu akan terpampang bunga deposito dari 23 bank umum di Indonesia. Angka bunga deposito yang tercantum di sana adalah angka rata-rata dari masing-masing bank. 

Tersedia informasi bunga deposito untuk tenor 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, dan 1 tahun.

Baca Juga: SBR007 Lebih Menarik, Emiten Perbankan Jadi Terjepit

Oh, iya, informasi bunga deposito yang tercantum di laman ini bersumber dari Pusat Informasi Pasar Uang (PIPU) Bank Indonesia. Biasanya angka ini tidak selalu persis sama dengan bunga deposito yang tercantum pada tiap-tiap kanter cabang bank.

Biarpun begitu kita bisa menjadikan laman Bunga Deposito di Pusat Data KONTAN ini sebagai acuan awal untuk melakukan eksplorasi lanjutan, bila dianggap perlu.


Editor: Hasbi Maulana

Dukungan dari Anda akan menambah semangat kami dalam menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat seperti ini.

Jika berkenan, silakan manfaatkan fasilitas donasi berikut ini.

gopay


Terbaru