Ini Cara Menabung Dana Darurat dengan Tepat

Rabu, 12 Oktober 2022 | 08:36 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Ini Cara Menabung Dana Darurat dengan Tepat


MENATA KEUANGAN - Mempersiapkan dana darurat adalah bagian penting dalam perencanaan keuangan dan sebaiknya tidak Anda lewatkan. 

Dana darurat bisa menjadi alternatif bila sewaktu-waktu Anda membutuhkan uang tanpa diduga, sehingga cara penyimpanannya juga perlu Anda perhatikan.

Lantas, bagaimana cara mempersiapkan dan menghitung dana daurat? 

Baca Juga: Kredit Pintar Sudah Salurkan Pinjaman Sebesar Rp 28 Triliun

Cara menghitung dana darurat

Dirangkum dari keterangan resmi Bank OCBC NISP, berikut adalah rules of thumb dari besaran dana darurat yang perlu dikumpulkan:

1. Single 

Jika Anda masih single, maka kebutuhan dana darurat Anda adalah minimal di 3-4 kali dari pengeluaran bulanan. 

2. Menikah 

Jika Anda sudah menikah, maka kebutuhan dana darurat Anda adalah minimal di 6 kali dari pengeluaran bulanan. 

3. Menikah dan punya anak

Jika Anda sudah menikah dan punya anak, maka kebutuhan dana darurat Anda adalah minimal di 12 kali dari pengeluaran bulanan.

Baca Juga: 3 Langkah untuk Menghadapi Resesi Ekonomi Global, Ayo Bersiap!

Cara menabung dana darurat

Setelah menghitung dana darurat yang perlu Anda kumpulkan, yang bisa Anda lakukan setelahnya adalah memahami kondisi keuangan terkini. 

Memahami berapa jumlah pendapatan, pengeluaran serta profil risiko Anda setiap bulannya. Lalu, mengetahui cashflow Anda saat ini, sehingga Anda tahu berapa jumlah dana yang bisa disisihkan untuk menyiapkan dana darurat.

Untuk memahami lebih jauh tentang kondisi keuangan Anda, Anda bisa melakukan tes kesehatan finansial, membuat pembukuan atau mencatat cashflow keuanganmu secara khusus agar lebih mudah. 

Baca Juga: 2023 Diramal Terjadi Resesi Ekonomi Global, Ini 3 Langkah untuk Menghadapinya

Selain berfungsi untuk mengontrol pengeluaran apa saja yang penting dan tidak penting, hal ini juga sebagai salah satu cara mengumpulkan dana darurat dengan efektif.

Satu lagi yang perlu diingat bahwa dana darurat adalah cadangan keuangan yang harus ada saat Anda membutuhkannya. Sehingga, jika memilih menginvestasikan dana cadangan tersebut, pastikan memilih instrumen yang mudah dicairkan. 

Demikian cara menghitung dan cara menabung dana darurat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru